30 Jurusan SMK Paling Diminati, Lulus Bisa Langsung Kerja

Kamis, 13 Oktober 2022 - 09:23 WIB
loading...
A A A
Pelayaran menjadi salah satu jurusan SMK yang paling diminati. Jurusan ini akan mengajarkan kamu tentang teknik perkapalan, mulai dari mesin-mesin kapal, prosedur keselamatan pelayaran, hingga navigasi pelayaran.

14. Perbankan dan Keuangan Syariah

Bisnis dan bank berbasis syariah kini semakin berkembang dan diminati masyarakat, lho. Bahkan, pengguna jasa keuangan syariah terus meningkat setiap tahunnya. Ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu di masa mendatang. Dengan masuk ke Jurusan SMK Perbankan dan Keuangan Syariah, kamu akan diajarkan dasar-dasar ekonomi syariah, ekonomi mikro dan makro syariah, serta lembaga keuangan syariah.

15. Perhotelan

Untuk mengelola sebuah hotel itu tidak mudah, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal agar seluruh tamu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Kebutuhan tenaga kerja di hotel ini banyak didapatkan dari lulusan SMK Perhotelan. Kamu akan diajarkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel seperti servis makanan dan minuman, pekerjaan laundry, front office, housekeeping, dan lainnya. Kamu juga diharuskan untuk menguasai bahasa asing yang akan mendukung pekerjaanmu kelak.

16. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara pengembangan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. RPL juga berkaitan dengan pembuatan website, aplikasi, game, dan semua hal yang berkaitan dengan pemrograman. Tiap harinya, kamu akan belajar tiga hal yaitu coding, desain, dan algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak.

17. Tata Boga

Tak hanya dilatih untuk memasak berbagai macam resep, tapi kamu juga akan belajar tentang ilmu gizi, tata hidang, hygiene dan keselamatan kerja, hingga kewirausahaan di bidang makanan. Peluang kerjanya pun sangat luas, lho. Kamu bisa bekerja di bidang industri kuliner mulai dari hotel, restaurant, kafe, atau bahkan membuat tempat usaha sendiri.

Baca juga: Penelitian 3 Siswi Ini Ramaikan Konferensi Kedokteran Penerbangan di Paris
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)