Menparekraf Apresiasi Poltekpar Medan Sukses Cetak SDM Siap Kerja

Selasa, 01 November 2022 - 15:55 WIB
loading...
Menparekraf Apresiasi Poltekpar Medan Sukses Cetak SDM Siap Kerja
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri wisuda Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar) Medan. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno secara langsung menyampaikan apresiasi kepada Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar) Medan. Apreasiasi diberikan karena Poltekpar Medan sukses mencetak Sumber Daya Manusia ( SDM ) unggul siap kerja.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ketika mewisuda sebanyak 460 orang lulusan Poltekpar Medan di Regale Convention Center, Jalan H Adam Malik, Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara pada Selasa (1/11/2022).

Baca juga: UPNVJ Masuk 5 Besar Kampus yang Berkontribusi dalam Penanganan Covid-19

"Hari ini kita mewisuda 460 lebih wisudawan-wisudawati dan ini adalah amunisi baru untuk kebangkitan pariwisata," ungkap Sandiaga Uno, melalui keterangan resminya, Selasa (1/11/2022).

Hal menarik, lanjutnya, berbeda dengan institusi pendidikan lainnya, lulusan Poltekpar Medan sudah mendapatkan lapangan pekerjaan.

Selain itu, sekitar 30 persen lulusan Poltekpar Medan diketahui akan membuka usaha sendiri.

"Jadi (lulusan) ini tidak menyumbangkan angka pengangguran yang secara nasional lulusan dari pendidikan tinggi, angka penganggurannya 14-18 persen. Tapi di Poltekpar Medan ini nol," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini saya ucapkan apresiasi kepada seluruh institusi pendidikan di lingkup Kemenparekraf," tambahnya.

Baca juga: Top, Undip Raih Juara Umum Lomba Paduan Suara Bergengsi Dunia

Kesiapan SDM tersebut katanya membantu kebangkitan pariwisata nasional pasca pandemi covid-19 serta pencapaian target kunjungan wisatawan, baik mancanegara dan Nusantara yang sekarang menjadi tulang punggung sektor parekraf saat ini.

Selain itu, kehadiran para lulusan Poltekpar di lingkungan Kemenparekraf pun katanya mendorong menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

"Jadi ini yang sedang kita persiapkan, Poltekpar dan Pusat Pengembangan SDM Parekraf ada di garda terdepan untuk penyiapan penciptaan lapangan kerja ini," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)