30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Bukan Cuma Kedokteran yang Prospek Kerjanya Cerah

Jum'at, 04 November 2022 - 14:08 WIB
loading...
A A A
10. Teknik Geologi

Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Kajiannya mencakup mineral, gas bumi, nikel, hingga emas. Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

11. Teknik Kimia

Jurusan Kimia berbeda dengan Teknik Kimia. Perbedaannya adalah Teknik Kimia mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi. Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

12. Teknik Perkapalan

Jurusan untuk anak IPA yang bisa dipertimbangkan juga adalah Teknik Perkapalan. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik. Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.

13. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro berkaitan erat dengan bidang kelistrikan. Mata kuliah keahlian yang diberikan di jurusan saintek yang diambil dari contoh prodi Elektro Universitas Jenderal Soedirman, antara lain Bahan Listrik, Fisika Teknik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, dan Praktikum Konversi Energi.

14. Teknik Biomedis

Mahasiswa Teknik Biomedis akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)