30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Bukan Cuma Kedokteran yang Prospek Kerjanya Cerah

Jum'at, 04 November 2022 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Lulusan dari jurusan Keperawatan sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter. Sebagai seorang perawat, mahasiswa akan mempelajari cara penanganan pasien yang tugasnya tidak kalah penting dari dokter.

27. Kebidanan

Tak seperti jurusan lainnya, jurusan Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu. Namun tak hanya sebatas proses persalinan saja, tapi juga merangkap proses mulai dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB). Kamu juga akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.

28. Ilmu Gizi

Di jurusan Ilmu Gizi mahasiswa akan mempelajari tentang hubungan antara pertumbuhan manusia, produktivitas, serta kualitas kesehatan tubuh. Selain itu, juga akan dibekali ilmu tentang berbagai jenis penyakit, ilmu dasar patofisiologi serta anatomi tubuh manusia dan kaitannya dengan interaksi makanan, organ tubuh, obat-obatan, dan fitokimia.

29. Kesehatan Masyarakat

Kamu yang berminat memilih jurusan ini, nantinya akan mempelajari mengenai pencegahan penyakit dan tindakan promosi kesehatan di masyarakat. Jadi, tidak hanya belajar bagaimana agar masyarakat tetap sehat saja, kalian akan dibekali skill kampanye kesehatan. Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga harapan hidup masyarakat menjadi terjamin.

30. Kedokteran Hewan

Bagi yang punya anabul (anak bulu) di rumah dan mau serius mikirin kebahagiaan dan kesejahteraannya, jurusan kuliah IPA satu ini cocok banget untukmu. Mengambil contoh dari IPB University, mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan akan dibekali kemampuan teori dan praktik sesuai bidang ini.

Beberapa materi kuliahnya, antara lain Profesi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Satwa Aquatik. Seperti Jurusan Kedokteran umum, mahasiswa jurusan ini juga dibekali dengan pendidikan profesi setelah menyelesaikan fase akademik selama 8 semester.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)