Program Praktisi Mengajar Tingkatkan Peluang Kolaborasi Riset

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Dia menjelaskan, kampusnya mengutamakan alumni kampusnya untuk direkrut dalam program Praktisi Mengajar. Para alumni ini, jelasnya, akan mendapatkan pengalaman baru yang selama ini belum pernah didapat sejak sekolah dasar hingga kuliah.

"Dengan Praktisi Mengajar, mahasiswa mendapat pengalaman baru yang menggali apa manfaat ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah dan di tempat kerja nanti. Di sini praktisi bisa sampaikan pengalaman itu," imbuhnya.

Salah satu Praktisi Mengajar di Unsri adalah Freddy Supriyadi. Freddy saat ini bekerja di UPT Balai Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Fredy juga alumni program studi Ilmu Kelautan Fakultas MIPA Unsri.

Dia mengapresiasi program Praktisi Mengajar karena dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa untuk mengerjakan apa setelah lulus. Sementara bagi Freddy, manfaat ini bermanfaat untuknya karena dia pun bisa membagikan ilmu yang ia dapatkan selama bekerja.

"Bagi praktisi ini menjadi sharing ilmu kepada mahasiswa. Sesuatu hal yang menyenangkan karena ilmu itu kan harus disebarluaskan, jangan hanya disimpan sendiri," ungkapnya.

Freddy menuturkan, Praktisi Mengajar pun bisa memberikan mahasiswa bukan hanya ilmu namun juga wawasan yang lebih luas. Hal ini terjadi karena dari perguruan tinggi memperkuat segi keilmuannya namun pengalaman praktik langsung dari praktisi bisa menjadi tambahan bekal mahasiswa setelah tamat kuliah.

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi Kemendikbudristek agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

Tujuan dari Praktisi Mengajar ada tiga yakni menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja, mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri, dan mempersiapkan SDM unggul bagi Indonesia.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3546 seconds (0.1#10.140)