5 Mitos Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa

Kamis, 23 Februari 2023 - 10:33 WIB
3. Orang Sukses hanya Berasal dari Perguruan Tinggi Ternama

Mitos yang satu ini juga banyak dipercaya di tengah masyarakat. Padahal kuliah di kampus terkenal tidak menjamin keberhasilan seseorang di masa depan.

Memang perguruan tinggi terkenal kredibilitasnya bisa menjadi salah satu faktor yang akan memudahkan perjalanan karier seseorang. Namun perlu diingat, kualitas orang sukses ditentukan dari kesungguhan dan usahanya sendiri. Bukan hanya dari faktor luar seperti predikat kampus dan lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Kampus, UIN Salatiga Kukuhkan 6 Guru Besar

Jadi jangan berkecil hati jika kalian tidak berkuliah di kampus yang terkenal di mata masyarakat. Sebaliknya, jangan besar kepala dan lantas bermalas-malasan jika sudah diterima di kampus ternama. Tetaplah berusaha tingkatkan kualitas diri dengan belajar dan menuntut ilmu seluas-luasnya.

4. Jurusan Kuliah Pasti Menentukan Karier di Masa Depan

Mitos ini juga sering membuat calon mahasiswa merasa kesulitan menentukan jurusan kuliah pilihannya. Ingin jurusan A tapi prospek kerjanya tidak menjanjikan. Jurusan B ada peluang kerja bagus tapi tidak cocok dengan minat yang dimiliki.

Memang banyak orang yang berkarier di bidang yang sama dengan jurusan kuliahnya. Namun jurusan kuliah tidak menjadi satu-satunya penentu kariermu.

Bahkan menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ada 80% lulusan perguruan tinggi yang bekerja di bidanh di luar jurusan yang dipilih semasa kuliah. Maka jangan takut dan teruslah manfaatkan waktu kuliah untuk mengeksplorasi berbagai disiplin ilmu.

5. Jurusan Sosial Tidak Ada Belajar Hitungan

Mitos ini sudah lama dipercaya oleh siswa sekolah menengah. Yang dampaknya tidak sedikit calon mahasiswa yang memilih rumpun sosial karena penat dengan hitung menghitung.

Tapi jangan salah, setiap jurusan kuliah itu pasti akan menemui pelajaran berhitung. Misalnya mahasiswa jurusan Psikologi nantinya akan menemui mata kuliah Statistika yang sangat erat kaitannya dengan Matemartika dan urusan hitung menghitung.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More