Apa yang Membedakan Institut dan Akademi? Ternyata Hal-Hal Ini

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:24 WIB

4. Lulusan Politeknik Siap Kerja



Mayoritas lulusan politeknik adalah profesional. Sebelum lulus, mereka biasanya harus mengikuti sertifikasi kompetensi atau profesional untuk mendapat lisensi sesuai jurusannya.



Keuntungan Masuk Akademi

1. Ikatan Dinas



Banyak akademi di bawah lembaga dinas tertentu, seperti Akademi Kepolisian di bawah lembaga Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Akademi Militer Indonesia (AKMIL) di bawah naungan Kementerian Pertahanan, dan akademi dinas lainnya. Pastinya distribusi lulusan tersebut akan mengarah pada lembaga induknya.

2. Belajar Langsung dari Ahlinya



Biasanya, akademi diajarkan langsung oleh staf ahli pada lembaga tersebut atau lembaga induknya. Jadi, kamu bisa mempelajari ilmu dan praktik secara 'mewah' dari mereka.

3. Jurusan Lebih Mendalam

Akademi memiliki beragam jurusan yang memang dibutuhkan pada lembaga induknya. Hal inilah yang menghasilkan jurusan yang lebih spesifik. Bahkan, akademi ada yang menawarkan satu jurusan.

4. Beasiswa Penuh



Sebagian besar akademi khususnya ikatan dinas menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswanya. Contohnya, biaya kuliah Akpol 100% ditanggung negara. Tidak heran, akademi ikatan dinas selalu jadi incaran bagi banyak calon mahasiswa di Indonesia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More