Apakah Nilai IPK Tinggi Menentukan Karier dalam Melamar Kerja? Ini Jawabannya

Sabtu, 23 September 2023 - 10:07 WIB

Hal yang Lebih Penting dari IPK

1. Networking



Mengetahui cara networking yang baik merupakan salah satu kunci dalam memulai karier yang baik. Jika kamu aktif di kampus dan kenal dengan orang-orang hebat, kamu bisa belajar banyak dari mereka. Tak hanya itu, ketika masuk ke dunia pekerjaan nantinya, kamu bahkan dapat meminta surat rekomendasi dari mereka.Dengan surat rekomendasi dari orang yang kredibel dan memiliki banyak pengalaman, lamaran pekerjaanmu akan lebih menonjol dibandingkan pelamar yang lain.

2. Hard skill



Terkadang ada orang yang memiliki nilai IPK tinggi, namun tidak memiliki hard skill sama sekali, bahkan dari bidang studi yang menjadi latar belakang mereka. Maka dari itu, perlu ditanamkan bahwa yang paling penting adalah bagaimana kamu bisa mempraktikkan ilmu dan skill set, bukan seberapa besar nilai yang diperoleh.

Kamu bisa terus belajar dan mengasah rangkaian hard skill yang dimiliki, atau menambah skill baru seperti programming, design, dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan di bidang pekerjaan impianmu.

3. Soft skill



Soft skill juga bisa menjadi bekal kamu dalam dunia pekerjaan, selain hard skill, networking, dan nilai IPK yang sesuai standar.

Beberapa hal yang dapat membuat kamu menonjol di antara kandidat lainnya antara lain adalah cara berpikir kritis, kepercayaan diri, ambisi, time management, mudah bersosialisasi, kerja sama dalam tim, dan masih banyak lagi.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More