Career Planning Bantu Siswa Tentukan Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat

Kamis, 30 Mei 2024 - 15:34 WIB
Pembuatan CP, menurut Bibit, sekaligus mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab atas pilihannya tersebut, yang ditunjukkan lewat semangat belajar, fokus, tekun dan tak kenal lelah.

“CP ini tak melulu soal profesi yang hebat, seperti menjadi dokter, insinyur atau ahli IT. Tetapi bagaimana kariernya itu bisa membuatnya bahagia, bermanfaat bagi orang lain, dan tentu saja memberi kesejahteraan,” katanya.

Dalam pembuatan CP, siswa didampingi seorang ‘college counselor’ yang akan mengarahkan kursus tambahan apa yang harus diambil siswa.

Baca juga: 10 Kampus dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia Versi SIR 2024, Masa Depan Terjamin



“Ada siswa yang ingin jadi polisi. Kami arahkan dia untuk ambil kursus menembak. Berkat dukungan orang tua, ia berhasil meraih medali Piala Kapolri dalam dua tahun terakhir ini,” katanya.

Begitupun dengan para siswa yang berbakat di bidang olahraga, musik atau komunikasi. Semua diarahkan untuk meningkatkan kemampuannya, meski tidak pintar secara akademik.

“Semua prestasi siswa baik akademik maupun non-akademik terlihat dalam portofolio siswa. Termasuk kursus-kursus yang diambil untuk pengembangan diri dan kegiatan sosial yang diikuti siswa untuk pengabdian masyarakat,” tutur Bibit.

Dengan career planning ini, ujarnya, sudah banyak siswanya yang diterima di universitas negeri unggulan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

"Tahun ini ada 41 lulusan diterima lewat SNBP. Di UI ada empat, jalur talent scouting ada 4, ada juga diterima di ITB, UGM, dan lainnya," ucapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More