Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:12 WIB
Di tengah penampilan berbagai karya seni dan budaya itu, sejumlah siswa juga terlihat asyik berjualan berbagai penganan tradisional di stan-stan makanan yang dihias cantik mengelilingi halaman sekolah. Dan hebatnya, seluruh rangkaian acara luar biasa itu disiapkan oleh siswa yang dibantu guru dan orang tua siswa hanya dalam waktu satu minggu.

“Apalagi seni tradisi Palang Pintu tadi, itu latihannya tak sampai satu minggu,” celetuk Asnawi, salah satu orang tua siswa. Pria yang akrab disapa Babe Nawi ini pula yang mengajari pencak silat ke siswa yang tadi mempragakan seni tradisi Palang Pintu.



Para siswa mempragakan arak-arakan pengantin adat Betawi.

“Kebetulan saya pernah belajar pencak silat khas Betawi, dan juga aktif di sanggar. Dan saya tentu bangga melihat anak-anak, sejak sedari SD sudah mau mengenal dan belajar seni tradisi. Bukan hanya seni tradisi Betawi, tapi juga seni tradisi dari daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ujarnya ramah.

Sementara itu, Kepala SDN 09 Jelambar Baru, Jakarta Barat, Nuryuliah, dalam sambutannya mengaku sangat surprise dan mengapresiasi kreativitas para siswa didiknya yang mampu menghadirkan berbagai seni tradisi dan budaya dalam kegiatan sekolah.

“Saya bangga dengan kreativitas anak-anakku, para siswa dalam kegiatan ini. Dan ini salah satu cara menanamkan karakter Pancasila ke siswa, sebagaimana yang dikehendaki oleh Pemerintah, yakni menguatkan Profil Pelajar Pancasila di sekolah-sekolah,” kata Nuryuliah.

Setali tiga uang, salah satu guru, Eman Sulaiman, selaku koordinator acara juga kagum dengan kreativitas dan karya yang dibuat oleh para siswa. “Melalui kegiatan semacam ini siswa dilatih kekompakan, saling bekerja sama, bergotong royong, saling menghargai seperti halnya siswa yang berkarakter Pancasila,” tandasnya.

Dikutip dari situs Belajar Merdeka, Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

baca juga: Dorong Pelajar Miliki Profil Pancasila, Kemendikbudristek Gelar Kampanye Digital
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More