Sabar Ya Bunda, Pembelajaran Tatap Muka di Jabar Tunggu PPKM Berakhir

Kamis, 26 Agustus 2021 - 12:04 WIB
Seorang siswa sekolah dasar mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumahnya. Foto/Dok/SINDOnews
BANDUNG - Para orang tua di khususnya kaum ibu di Jawa Barat (Jabar) yang sangat berharap anaknya kembali belajar di sekolah harus lebih bersabar lagi. Pasalnya, meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali, termasuk Provinsi Jabar sudah turun ke level 3, namun Pemprov Jabar memilih menunda pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi menegaskan, secara umum, PTM di Jabar bakal dibuka seluruhnya saat PPKM berakhir. Selama PPKM diterapkan, kata Dedi, sekolah tetap melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).



"Kapan PTM itu dibuka? PTM itu dibuka apabila kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan pusat masih memberlakukan PPKM, maka kita berhenti sampai dengan tanggal PPKM tersebut. Bisa dimulai kapan? Setelah habis tanggal PPKM, selama PPKM kita masih PJJ," tegas Dedi, Selasa (24/8/2021).

Meski begitu, Dedi menerangkan bahwa sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), ada sejumlah daerah di Jabar yang diizinkan membuka PTM, meskipun dengan kapasitas yang dibatasi.

"Beberapa daerah memang ada yang sudah mengajukan, tentunya dengan kapasitas terbatas sesuai Inmendagri. Tapi secara umum, PTM di Jabar dibuka setelah tanggal PPKM berakhir," katanya seraya mengatakan, sekolah yang membuka PTM tersebut menerapkan blended learning.



Dedi melanjutkan, pihaknya dan sekolah sebagai satuan pendidikan hanya berkewajiban untuk memenuhi sarana dan prasarana PTM, termasuk sarana dan prasarana PJJ.

"Kami Dinas Pendidikan dan sekolah sebagai satuan pendidikan wajib menyiapkan kedua layanan. Jadi, pembelajaran tatap muka sarananya sudah kita siapkan, untuk pembelajaran jarak jauh pun sudah kita siapkan," jelas Dedi.

Dedi menekankan, pihaknya hanya ingin memastikan agar seluruh peserta didik di Jabar tetap mendapatkan haknya untuk belajar dengan aman dan sehat.

"Intinya, mari kita memastikan agar seluruh anak didik mendapatkan hak belajarnya dengan aman dan sehat," tandasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mpw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More