Cara Membangun Support System yang Baik Agar Belajar Makin Efektif

Selasa, 28 September 2021 - 08:48 WIB


Menghindari Stress

Dua tahun belajar online di rumah mungkin membuat kamu stress kan? Hal ini bahkan dialami oleh sebagian besar pelajar di Indonesia, lho. Jika stress dibiarkan saja, kamu mungkin mengalami burn out yang berujung pada daya tahan tubuh yang menurun.

Tak hanya itu, beban tugas sekolah yang menumpuk juga dapat membuat kamu overthinking yang berpotensi memicu depresi. Nah, kehadiran support system yang positif dapat meredam pikiran negatif yang dapat memicu resiko gangguan mental.

Meningkatkan Semangat dan Motivasi Belajar

Manfaat support system untuk siswa yang paling sering dirasakan adalah meningkatkan motivasi belajar. Kehadiran orang-orang yang positif, membuat kamu lebih termotivasi untuk mewujudkan impianmu. Misalnya, ketika kamu ingin masuk PTN impian, mereka akan selalu mendukungmu mencapai target yang sudah kamu siapkan.

Cara Membangun Support System yang Baik

Itulah beberapa manfaat support system yang bisa kamu dapatkan. Setelah mengetahui manfaatnya, berikut adalah cara untuk membangun support system yang bisa kamu lakukan:

Jangan Berekspektasi Berlebihan

Hal pertama yang harus kamu terapkan ketika membangun support system adalah, jangan terlalu berharap atau berekspektasi berlebihan. Walaupun kamu sudah memiliki fasilitas, lingkungan dan keluarga yang mendukung, kamu tidak bisa bergantung seratus persen kepada mereka. Ekspektasi berlebihan hanya akan membuat kamu kecewa ketika gagal mewujudkan impianmu. Kamu juga cenderung menyalahkan support system yang telah dibangun atas kegagalanmu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More