5 Jurusan Kuliah Langka di ITB, Bisa Jadi Referensi untuk Para Calon Mahasiswa

Jum'at, 03 Februari 2023 - 13:28 WIB
loading...
A A A
2. Jurusan Oseanografi

Berikutnya ada jurusan Oseanografi. Mengutip laman ITB, program studi ini didirikan pada tahun 1998 dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan SDM unggul dari sektor kelautan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Oseanografi ini merupakan ilmu yang mempelajari berbagai proses fisis dan dinamis air laut. Dalam hal ini, seorang ahli Oseanografi bisa mendedikasikan bidang telaahnya pada masalah kelautan, baik dalam skala lokal, regional, hingga global.

Baca juga : Daftar Lengkap Jurusan, 3 Lokasi Kampus, dan Biaya Kuliah di ITB

3. Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Keberadaan jurusan ini bermula saat keilmuan bioenergi dan kemurgi menjadi sub jurusan pada program studi Teknik Kimia ITB tahun 2013. Tak berselang lama, jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi diresmikan pada 2014 dan mulai menerima mahasiswa satu tahun setelahnya.

Teknik Bioenergi dan Kemurgi mempelajari bidang keilmuan yang dapat memformulasikan berbagai masalah terkait pengolahan dan pemrosesan bahan nabati menjadi bahan non-pangan serta menciptakan sumber energi terbaru dari pemanfaatan sumber daya alam tanah air.

Prodi ini telah mendapat akreditasi BAN-PT dengan status Unggul yang berlaku 8 Desember 2021 hingga 8 Desember 2026.

4. Jurusan Meteorologi

Jurusan kuliah langka di ITB berikutnya adalah Meteorologi. Mengutip laman resminya, program studi ini didirikan pada tahun 1998, serta berada di Departemen Geofisika & Meteorologi, Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)