8 Jenis Beasiswa Paling Diminati Mahasiswa S1, Ini Daftarnya

Rabu, 26 April 2023 - 13:08 WIB
loading...
A A A
Beasiswa BCA Finance yang diberikan berlaku selama mahasiswa menempuh pendidikan dalam rentang waktu normal yaitu 8 semester.

Dalam menentukan penerima beasiswa, BCA melakukan proses seleksi yang ketat terhadap para pendaftar agar beasiswa yang diberikan dapat diterima oleh mahasiswa yang benar-benar membutuhkan. Syarat untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance adalah IPK minimal 3,00 untuk PTN dan minimal 3,40 untuk PTS.

2. Beasiswa Bidikmisi

Selanjutnya adalah beasiswa Bidikmisi. Jenis beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Beasiswa Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi.

Untuk S1 atau Diploma IV beasiswa diberikan hingga 8 semester, D3 maksimal 6 semester, D2 maksimal 4 semester, dan D1 maksimal 2 semester. Selain itu diberikan juga beasiswa untuk program profesi, di antaranya dokter maksimal 4 semester, dokter gigi maksimal 4 semester, dokter hewan maksimal 4 semester, serta Ners dan Apoteker maksimal 4 semester.

3. Beasiswa KIP Kuliah

Ada lagi nih kawan, beasiswa KIP kuliah yang juga bisa kamu manfaatkan ketika ingin masuk ke perguruan tinggi. Program KIP-K atau Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah melalui Kemendikbudristek yang bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Salah satu tujuan diadakannya program KIP Kuliah ini yaitu meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi (PT) bagi mahasiswa WNI yang tidak mampu secara ekonomi.

Komponen pembiayaan yang disediakan oleh beasiswa KIP Kuliah sangatlah lengkap. Mulai dari biaya pendidikan yang terdiri dari Sumbangan Pokok Pembangunan (SPP), Biaya Kuliah Pokok (BKP), Biaya Kuliah SKS, Biaya Pendaftaran Semester, Iuran Kegiatan Mahasiswa, Biaya Pengenalan Kampus, Biaya Seragam, Biaya Sidang/Ujian Akhir dan juga bantuan biaya hidup berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal pada masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Seluruh fasilitas pembiayaan yang disediakan pemerintah diberikan penuh selama 8 semester baik Semester Ganjil maupun Genap.

4. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. Tujuan diberikannya beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

Syarat untuk mendaftar beasiswa PPA ini adalah terdaftar sebagai mahasiswa PTN/PTS di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dengan kriteria minimal semester II dan maksimal semester IV untuk program Diploma. Sedangkan untuk program Sarjana minimal semester II maksimal semester VI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)