8 Jenis Beasiswa Paling Diminati Mahasiswa S1, Ini Daftarnya

Rabu, 26 April 2023 - 13:08 WIB
loading...
A A A

5. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia dibuktikan oleh Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya. Yayasan Sampoerna menggelontorkan dana yang cukup besar untuk menjalankan program tersebut mulai tahun 2001.

Biaya yang dicakup dari program pendanaan pendidikan tersebut mulai dari biaya penuh pendidikan selama kuliah. Yang mana berarti peserta tidak perlu memikirkan uang kuliah, karena akan menjadi tanggung jawab pihak Sampoerna Foundation. Peserta juga tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran kuliah karena nantinya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Kemudian, untuk kebutuhan lain seperti buku dan penunjang perkuliahan lain, juga akan dibantu melalui beasiswa tersebut.

6. Djarum Beasiswa Plus

Lanjut kita bergeser ke jenis beasiswa selanjutnya yaitu Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa ini cukup populer di Indonesia di mana targetnya adalah mahasiswa dengan prestasi tinggi di Indonesia. Biasanya, penerima beasiswa ini memiliki nama atau sebutan sebagai Beswan Djarum.

Dari beasiswa tersebut, dana yang bisa didapatkan selama satu tahun mencapai Rp750.000 setiap bulan. Ditambah lagi dengan berbagai macam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill.

7. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Mungkin sebagian dari kalian mengenal beasiswa yang satu ini. Yap, Beasiswa Monbukagakusho namanya. Beasiswa yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Komponen pembiayaan yang ditawarkan oleh beasiswa Monbukagakusho ini meliputi biaya studi dan biaya hidup yang ditanggung oleh pihak penyelenggara tanpa melalui ikatan dinas.

Setiap tahunnya, beasiswa Monbukagakusho membuka pendaftaran dan seleksi bagi para peminat beasiswa oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan konsulatnya berkedudukan di Medan, Denpasar, Makassar, dan Surabaya.

Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

8. Cargill Global Scholars Program

Jenis beasiswa yang bisa kamu coba lainnya adalah Cargill Global Scholars Program. Beasiswa Cargill Global Scholars Program adalah beasiswa yang disediakan oleh Cargill, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian khusus untuk mahasiswa S1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)