Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Universitas Pancasila Kolaborasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia

Kamis, 21 September 2023 - 09:45 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Universitas Pancasila Kolaborasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia
Wakil Rektor IV Universitas Pancasila, Diennaryati Tjokosuprihatono dan Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia Andik Matulessy saat penandatanganan kerja sama.
A A A
JAKARTA - Universitas Pancasila bersama dengan Himpunan Psikologi Indonesia melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilaksanakan secara offline di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman dilaksanakan, acara pun diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Psikologi Universitas Pancasila dengan Himpunan Psikologi Indonesia.

Kerja sama yang akan terjalin adalah mencakup bidang “Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) serta Pengembangan Keilmuan Psikologi.”

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Rektor Universitas Pancasila, Prof. Edie Toet Hendratno yang diwakilkan oleh Wakil Rektor IV Universitas Pancasila, Diennaryati Tjokosuprihatono.

Sebelum prosesi penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan, Wakil Rektor IV, mewakili Rektor Universitas Pancasila, menjelaskan bahwa Universitas Pancasila yang saat ini telah mendapatkan akreditasi “Unggul” serta Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang telah terakreditasi “A”, memiliki motivasi yang besar untuk dapat terus mengembangkan kualitas pembelajaran yang ada di lingkungan Universitas Pancasila, khususnya dalam hal ini adalah dalam bidang Psikologi.

Dengan adanya semangat tersebut, ia berharap kerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan program magang ataupun program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dimana yang dibimbing langsung oleh Himpunan Psikologi Indonesia hingga akses bagi Mahasiswa untuk melaksanakan karya ilmiah yang merupakan kepakaran dari Himpunan Psikologi Indonesia.

Ia juga berharap akan adanya penyelenggaraan penelitian antara kedua belah pihak, baik itu antara HIMPSI dengan mahasiswa ataupun Dosen yang dapat mengembangkan Keilmuan dalam bidang Psikologi.

Warek IV juga berharap adanya penyelenggaraan Pengabdian kepada Masyarakat, khususnya dalam ranah Psikologi yang dilaksanakan antara kedua belah pihak.

Sementara itu Dekan Fakultas Psikolog Universitas Pancasila, Silverius Y. Soeharso dalam sambutannya menjelaskan bahwa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila saat ini memiliki rencana dan keinginan yang besar untuk membuka program Studi baru, yaitu Program Studi Profesi Psikolog Umum serta Magister Sains pada bidang Psikologi.

“Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila tentunya membutuhkan arahan dan bimbingan dari Himpunan Psikologi Indonesia sehingga pendirian serta pelaksanaannya dapat berjalan secara baik, berkualitas, dan dapat menghasilkan lulusan dari bidang Psikologi yang berkualitas, baik itu untuk berprofesi sebagai psikolog, ataupun ilmuwan dalam bidang Psikologi, “ katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia Andik Matulessy menyatakan bahwa melihat rencana dari Fakultas Psikologi Universitas Pancasila untuk membuka dua program baru, khususnya Program Profesi Psikologi, maka mengesahkan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini adalah langkah yang tepat. “Sehingga dalam prosesnya kedua belah pihak dapat bersinergi dalam membuka dan mengembangkan program studi baru di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang berkualitas,” ucapnya.

Ia juga berharap kedua belah pihak berkomitmen dapat mewujudkan poin kerja sama yang telah dirumuskan sehingga dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak, hingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Selain Wakil Rektor IV Universitas Pancasila, Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia, serta Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, acara ini juga dihadiri oleh Mulyanto, M.Psi., Psikolog (Sekretaris Jenderal Himpunan Psikologi Indonesia), Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si., Psikolog (Wakil Dekan II Fakultas Psikologi Universitas Pancasila), Anindya D. Paramita, M.Psi., Psikolog (Ketua Program Studi Fakultas Psikologi Universitas Pancasila), jajaran Pimpinan dari Fakultas lainnya di Universitas Pancasila, dan Dosen serta Tenaga Kependidikan dari Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)