15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:27 WIB
loading...
A A A
Isi

Di zaman modern ini teknologi semakin canggih namun manusia justru menjadi kehilangan arah. Seharusnya kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Namun, yang terjadi sebaliknya, manusia makin jauh dari Allah Swt.
Bahkan manusia mulai melupakan tugasnya di dunia. Alangkah baiknya jika sebagai hamba-Nya yang beriman teknologi bisa digunakan untuk menyebarkan kebaikan. Contohnya berbagi informasi seputar keutamaan beramal, tips meningkatkan ibadah, dan lain sebagainya.

Menyebar kebaikan dapat menjadi sebuah amal jariyah, begitu pula saat memberi contoh buruk maka akan menjadi dosa jariyah yang terus-menerus mengalir, walau sudah meninggal.
Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda yang artinya, “Beribadahlah engkau kepada Allah seolah-olah melihat-Nya. Apabila engkau tidak melihatNya maka yakinlah Allah Swt. sedang menyaksikanmu.”

Baca juga: Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Jika ingin berbuat baik maka sebaiknya dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena lebih bagus hanya Allah saja yang mengetahuinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya rasa sombong.

Penutup

Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

9. Contoh Teks Ceramah tentang Hari Pahlawan

Pembuka

Assalamualaikum Wr.Wb
Bapak-bapak dan ibu-ibu yang saya hormati, Sebentar lagi kita akan memperingati hari yang sangat bersejarah, yaitu tanggal 10 November atau yang lebih dikenal dengan Hari Pahlawan. Pada hari itu, seluruh bangsa Indonesia akan mengenang kembali peristiwa besar sebagai momen bersejarah yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

Isi

Sebentar lagi kita akan memperingati hari yang sangat bersejarah, yaitu tanggal 10 November atau yang lebih dikenal dengan Hari Pahlawan. Pada hari itu, seluruh bangsa Indonesia akan mengenang kembali peristiwa besar sebagai momen bersejarah yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4109 seconds (0.1#10.140)