15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:27 WIB
loading...
A A A
Pertempuran hebat terjadi pada saat itu antara para patriot bangsa yang gagah berani melawan tentara Sekutu. Meskipun senjata tentara Sekutu lebih lengkap, tak sedikit pun bangsa Indonesia merasa takut dan kecil hati. Padahal pada waktu itu, sebagian besar senjata yang dimiliki hanyalah bambu runcing. Sementara itu, pihak musuh telah menggunakan senjata-senjata berat dan modern.

Namun, dengan semangat yang menggelora serta keyakinan yang kuat, tak sekejap pun mereka mundur bahkan terus maju menantang maut.

Hadirin yang berbahagia,

Kita yakin bahwa para pejuang yang gugur di medan pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945 melawan tentara Sekutu yang angkuh dan angkara murka itu mati syahid.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya bangsa Indonesia menghormati jasa mereka dengan memanjatkan doa kepada Allah agar arwah mereka diterima-Nya dengan kemuliaan yang setinggi-tingginya. Semoga mereka diampuni segala dosanya dan dilimpahi rahmat yang sebanyak-banyaknya.

Penutup

Akhirnya, marilah kita panjatkan doa semoga arwah para pahlawan kita diterima di sisi Allah dengan kemuliaan yang setinggi-tingginya. Selanjutnya, semoga kita dan anak cucu kita dapat mengambil suri teladan dari mereka untuk dijadikan teladan dalam membangun negara yang aman, damai, adil, dan makmur.
Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

10. Contoh Teks Ceramah tentang Kebersihan


Pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dalam kesempatan kali ini marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, nikmat iman, serta hidayahnya kepada kita selaku hamba-Nya sehingga dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang dirahmati Allah, dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang senantiasa menjaga kebersihannya. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan untuk mencapai keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

Isi
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)