15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:27 WIB
loading...
A A A
Majunya teknologi tentu harus dibarengi dengan kemajuan cara berpikir. Sebagai orang tua, kita harus bisa dan bertanggung jawab terhadap perkembangan moral putra-putri kita agar mereka tetap berada di jalan yang benar dan tetap bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi satu sama lain.

Jangan hanya memberikan nasihat saja, tetapi contohkan juga pada anak-anak bagaimana moral seharusnya berjalan. Misalnya, ketika ada nenek-nenek yang sudah renta hendak menyeberang jalan, coba bantu dan tunjukkan empati. Jangan pula membuat prank-prank untuk konten media sosial yang isinya merugikan orang lain, seperti memesan makanan dengan ojek online, lalu ketika sudah dibeli, dibatalkan.

Tentu saja hal ini terjadi karena kurangnya penanaman moral dan empati pada anak-anak. Mereka melakukan hal-hal tersebut karena dianggap lucu, padahal tidak mengerti apa pentingnya pesanan itu bagi si bapak ojek online.

Anak-anak itu ibarat spons, berapa pun umur mereka. Panutan yang paling diikuti, secara sadar maupun tidak sadar, adalah orang tua. Oleh karena itu, penting juga bagi orang tua untuk ikut berubah dan memiliki empati terhadap orang lain, supaya pendidikan moral itu bisa terbentuk dengan sendirinya.

Penutup

Sekian ceramah yang saya sampaikan hari ini. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dan menyinggung hati. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi panutan bagi anak-anak kita demi tercapainya pendidikan moral yang lebih baik bagi bangsa.
Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Teks Ceramah tentang Sopan Santun Kepada Orang Tua


Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hadirin yang saya hormati, Pada kesempatan ini, mari kita bahas mengenai pentingnya sopan santun pada orang tua.

Isi

Sopan santun merupakan nilai budaya yang sangat dihargai dalam masyarakat kita. Ini mencakup sikap hormat, penghormatan, dan tata krama yang baik terhadap orang tua, sebagai bentuk penghargaan atas segala jasa dan kasih sayang yang telah mereka berikan kepada kita.
Mereka telah berjuang dengan penuh pengorbanan untuk membesarkan dan mendidik kita dengan sebaik mungkin.

Baca juga: 15 Contoh Teks Eksplanasi dengan Berbagai Tema
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)