Civitas Akademika UP Terapkan Hasil Penelitian untuk Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 17 April 2024 - 13:07 WIB
loading...
Civitas Akademika  UP Terapkan Hasil Penelitian untuk Kesejahteraan Masyarakat
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila kembali melanjutkan upaya membangun Desa Sukagalih tepatnya berlokasi di Dusun 2 yang berlokasi di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

Program yang dilaksanakan sejak 2023 ini memiliki empat kegiatan yaitu perbaikan sumber air bersih, peningkatan kualitas air bersih, renovasi bangunan Tempat Pembelajaran AlQuran (TPA), dan pemberdayaan Masyarakat terkait produk hasil bumi Desa Sukagalih.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kampus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjadikan Desa Sukagalih sebagai desa binaan.

Tercatat program pada 2023 ini adalah tahun ke-2 oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila. Sebelumnya, yakni pada 2022 juga dilaksanakan beberapa kegiatan baik Pembangunan fisik maupun penyuluhan di Desa Sukagalih yang melibatkan seluruh civitas akademik.

Untuk kegiatan perbaikan sumber air, telah dilakukan perbaikan kondisi mata air untuk menjaga kebersihan mata air. Selain itu juga ditambahkan dua buah bak penampung air, dimana satu diletakkan di dekat sumber mata air, dan lainnya diletakkan di dekat kawasan perumahan warga.

Sementara dalam kegiatan renovasi bangunan TPA telah dilakukan perbaikan dan pekerjaan finishing untuk komponen arsitektural bangunan eksisting. Sedangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, dilakukan penyuluhan dengan topik digitalisasi marketing dan pelatihan peningkatan produk hasil masyarakat yaitu keripik rengginang.

Untuk kegiatan peningkatan kualitas air bersih, telah dilakukan penggantian jaringan distribusi air dari yang semula menggunakan selang karet dengan pipa PVC berdiameter 2-1/2 inch. Pipa ini menghubungkan bak penampung air yang berada di dekat sumber mata air ke bak penampung yang berada dekat dengan Kawasan perumahan warga sejauh ±320 meter. Penggantian selang menjadi pipa diharapkan dapat mengurangi permasalahan kebocoran dan mengurangi biaya pembelian selang yang selama ini dialami oleh warga.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan dukungan Hibah Internal Universitas Pancasila. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah yang diwakili oleh Camat Kecamatan Jonggol Andri Rahman dan Kepala Desa Sukagalih Aja Waridin dan seluruh pihak yang terkait. Diharapkan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan berlanjut di tahun selanjutnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)