Wujudkan Pengabdian untuk Masyarakat lewat Rumah Sehat Pancasila

Jum'at, 26 April 2024 - 13:22 WIB
loading...
Wujudkan Pengabdian untuk Masyarakat lewat Rumah Sehat Pancasila
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam pemberdayaan masyarakat. Peran ini tidak hanya sebatas lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai agen perubahan dan pengembangan masyarakat. Keberadaan perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang masih tertinggal.

Salah satunya, Universitas Pancasila melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pancasila (LPPM UP) turut mengabdi pada masyarakat melalui pembangunan Rumah Sehat Pancasila.

Pembangunan Rumah Sehat Pancasila ditandai dengan "Peletakan Batu Pertama Rumah Sehat Pancasila" yang berlokasi di Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (25/04).

Acara ini dihadiri oleh Plt. Rektor Universitas Pancasila, Prof. Sri Widyastuti, Wakil Rektor II Novi Yantih, Kepala LPPM Irfan Ihsani serta pimpinan lainnya dan Kepala Desa Cibulakan Baden Zaki Rahman, serta masyarakat desa.

Dalam sambutannya Irfan Ihsani menyampaikan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Pancasila di Desa Cibulakan.

Ia menyatakan pada kunjungan pertama UP melakukan rehabilitasi pasca gempa bekerja sama dengan Fakultas Psikologi dengan tujuan merehabilitasi psikis dari para korban gempa Cianjur. "Kegiatan selanjutnya Literasi Bencana dan Tanamanan Obat Keluarga, dan kegiatan saat ini adalah pembangunan Rumah Sehat Pancasila,"katanya.

Plt. Rektor dalam sambutannya menyampaikan pembangunan Rumah Sehat ini adalah bentuk nyata Universitas Pancasila dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan mahasiswa, dosen, serta warga Desa Cibulakan.

"Rumah Sehat Pancasila adalah sebuah inisiatif yang sangat penting untuk membangun kesejahteraan masyarakat di Desa Cibulakan. Harapannya, melalui kolaborasi ini, partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan akan meningkat, dan desa Cibulakan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal kesehatan, keberdayaan, dan keberlanjutan," ucapnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)