Contoh Teks Khutbah Iduladha, Tema Pesan Utama Pelaksanaan Ibadah Kurban

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Berkaitan dengan perintah qurban Nabi Ibrahim as itu, maka Nabi Muhammad saw sebagai nabi dan rasul akhir zaman telah melaksanakan shalat Iduladha pertama kali tahun kedua Hijriyah berbarengan dengan penyembelihan hewan qurban, dalam rangka melestarikan dan mewarisi tradisi yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as.

Nabi telah menjanjikan keutamaan menyembelih hewan qurban dengan sebuatan bikuli sya’rotin hasanatan artinya dari setiap helai bulu binatang qurban yang disembelih akan mendapat pahala satu kebaikan. Bahkan dengan berqurban akan menutup seseorang dari jilatan api neraka.

Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Ma’aasyiral Muslimiin dan Muslimat Rahimakumullah.

Pesan-pesan terbesar dari peringatan pelaksanaan rangkaian Idul Qurban yang sedang kita rayakan hari ini, tentu bukan hanya sekedar memperingati peristiwa sejarah kemanusian dari keluarga Nabi Ibrahim as saja, namun lebih dari itu untuk membangkitkan semangat dan kesadaran dalam jiwa kita, yang harus siap berkorban untuk kebahagian diri sendiri dan untuk orang lain.

Pelaksanaan ibadah qurban hari ini, sekurang-kurangnya ada empat pesan utama yang dapat kita petik dan sejauh mana kita mampu diimplementasikannya dalam kesehari-harian sebagai intisari khutbah pagi ini.

Baca juga: 3 Contoh Teks Ceramah Singkat Tema Ramadan yang Bisa Dijadikan Referensi

Pesan utama ibadah qurban adanya nilai tauhid, sebagai perwujudan sebuah perjuangan monoteisme yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as, ternyata ibadah qurban mengandung unsur ketauhidan. Unsur ketauhidan dari aspek ibadah qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as dengan jalan mengorbankan Ismail telah mengajarkan kepada kita agar bertauhid yang benar.

Kedua, Ibadah qurban membawa pesan spiritualitas. Ibadah qurban merupakan salah satu instrumen atau sarana untuk pembuktian sejauh mana keimanan seseorang kepada Allah swt. Bentuk rasa keimanan seseorang juga meliputi keikhlasan, artinya harus murni dilakukan semata-mata mengharap redha Allah dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya.

Ketiga, melalui ibadah qurban telah memesankan kepada manusia adanya kepekaan sosial. Dalam ibadah qurban juga terdapat nilai-nilai sosial, karena setiap ibadah yang Allah syariatkan untuk hamba-Nya terkandung nilai-nilai sosial, karena Islam adalah agama yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial, sehingga banyak kita temukan baik dalam al Qur’an maupun hadits yang terkandung di dalamnya nilai-nilai sosial-kemanusiaan, seperti pelaksanaaan ibadah qurban, menyantuni anak yatim, memberi makan fakir miskin, dan lain sebagainya.

Terakhir, ibadah qurban juga mengandung pesan moral yang ditunjukan dengan simbol-simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban. Sejarah mencatat pelaksanaan qurban Nabi Ibrahim as merupakan pesan sejarah yang penuh dengan nilai pengorbanan.

Demikian yang dapat khatib sampaikan semoga ada manfaatnya. Dan marilah kita akhiri khutbah ini dengan memanjatkan doa kehadirat Allah swt, semoga doa kita diijabah-Nya.

Amin Ya Rabbalamin.

Itulah contoh teks khutbah Iduladha yang dapat dibaca, diresapi, atau bisa juga dijadikan referensi ketika mengisi khutbah pada saat Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024 mendatang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)
pixels