Profil Pendidikan Sehat Sutardja, Miliarder Indonesia Pendiri Marvell Technology yang Berpulang di Usia 63 Tahun

Kamis, 19 September 2024 - 12:24 WIB
loading...
Profil Pendidikan Sehat...
Sehat Sutardja, miliarder asal Indonesia salah satu pendiri perusahaan semikonduktor Marvell Technology meninggal dunia pada usia 63 tahun. Foto/Laman Marvell.
A A A
JAKARTA - Ini adalah riwayat pendidikan Sehat Sutardja . Sehat adalah miliarder asal Indonesia salah satu pendiri perusahaan semikonduktor Marvell Technology yang berbasis di Amerika Serikat yang meninggal dunia di usia 63 tahun.

Dikutip dari laman resmi Marvell Technology, perusahaan mengenang Sehat sebagai salah satu pendiri Marvell, sebagai pemimpin visioner, insinyur brilian, dan kolega serta teman yang disayangi banyak orang di Marvell.

Baca juga: Miliarder Jeff Bezos Sembunyikan Identitas demi Dapat Diskon Pembelian Rumah Mewah

Di luar prestasi profesionalnya, sosok miliarder ini dikenal karena kerendahan hati, kebaikan, dan kemurahan hatinya. Dia adalah mentor bagi banyak orang, selalu bersedia berbagi pengetahuan dan wawasannya.

Tim Marvell juga berterima kasih atas kontribusinya dan warisan yang ditinggalkannya melalui salah satu pendiri perusahaan kami.

Riwayat Pendidikan Sehat Sutardja


Sehat Sutardja lahir di Indonesia pada tahun 1961. Ketertarikannya pada elektronik dimulai sejak dini. Bahkan, alumnus Sekolah Kanisius Jakarta ini di usia 13 tahun telah menjadi teknisi perbaikan radio bersertifikat.

Ketertarikan awal ini membawanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat, di mana diaspora Indonesia ini memperoleh gelar sarjana Teknik Elektro dari Iowa State University, diikuti dengan gelar master dan PhD di bidang Teknik Elektro dari University of California, Berkeley.

Baca juga: Klub Elite Miliarder Berharta di Atas Rp1.539 Triliun Tinggal Tersisa 12 Orang

Stephen Lewis, sekarang profesor teknik elektro dan komputasi di UC Davis, menggambarkan Sehat sebagai seorang perfeksionis dalam sebuah artikel untuk IEEE Spectrum. Sebagai mahasiswa, mereka membuat konverter analog-ke-digital.

Cara tradisional untuk melibatkannya adalah dengan menggunakan dua kapasitor, yang satu berukuran dua kali lebih besar dari yang lain. “Dia menemukan cara untuk melakukannya dengan dua kapasitor identik, meningkatkan kecepatan amplifier dengan meningkatkan umpan baliknya. Kami mempunyai solusi yang berhasil, namun dia terus menggali hingga menemukan cara yang lebih baik untuk melakukannya.”

Pada tahun 1995, Sehat, istrinya Weili Dai, dan saudara laki-laki Sehat Pantas Sutardja mendirikan Marvell Technology di sekitar meja dapur. Mereka memilih nama Marvell karena ingin membangun perusahaan yang mampu menciptakan perangkat ‘luar biasa’.

Produk pertama adalah saluran baca khusus untuk hard drive yang dapat diproduksi sepenuhnya dari silikon. Kebijakan konvensional menyatakan bahwa pendekatan ini tidak akan berhasil, kata Sehat kepada mahasiswanya saat memberikan kuliah di Berkeley pada tahun 2014.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)