Boleh Dicoba, Ini Cara Mudah Mengatur Jadwal Belajar Efektif di Semester Baru

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:55 WIB
loading...
A A A
Jika kamu pernah mengikuti aplikasi belajar online, kamu tentu terbiasa dengan to do list materi pelajaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa kan? Nah, kamu bisa mempraktekkan cara tersebut untuk merancang to do list versi-mu sendiri. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menentukan prioritas kegiatan yang harus dilakukan, sehingga waktu belajarmu akan lebih optimal dan efisien.

Menentukan Tujuan dan Target Belajar
Poin ini mungkin menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan, karena menentukan tujuan dan terget belajar memerlukan komitmen yang kuat dan konsistensi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menerapkan dua cara ini:

Yang pertama, buatlah gambaran umum tentang tugas atau materi pelajaran yang sedang kamu pelajari. Kamu bisa melihatnya di daftar isi buku pelajaran. Selanjutnya, tentukan materi apa saja yang ingin kamu kuasai sesuai target yang kamu tentukan, misalnya dalam waktu seminggu, dua minggu atau satu bulan.

Yang kedua, selain menentukan target dari materi pelajaran, kamu juga bisa merancang pemetaan singkat dari konsep materi yang sedang kamu pelajari. Cara ini berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mengukur tingkat pemahaman konsep materi pelajaran. Ingat, konsep ya, bukan menghafal seluruh materi. Jika menguasai konsepnya, kamu akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang ingin kamu kuasai.

Gunakan Metode Belajar yang Tepat
Ada banyak metode belajar yang bisa kamu gunakan untuk mendukung jadwal belajarmu. Jika kamu mengikuti aplikasi belajar online, kamu tentu tak asing dengan metode Pomodoro dan metode Mind Mapping kan?

Kedua metode ini menjadi beberapa di antara metode populer, yang terbukti efektif meningkatkan pemahaman materi pelajaran yang ingin dikuasai. Kamu bisa mencari teknik metode Pomodoro dan Mind Mapping di internet. Pilihlah metode yang tepat dan yang paling mudah kamu terapkan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat jadwal belajar yang efektif di semester baru ini. Semoga bisa menjadi referensi belajarmu di rumah ya. Jika semua cara di atas sudah kamu gunakan, tapi kamu merasa kurang optimal? Tidak ada salahnya untuk mengunjungi situs belajar online atau berlangganan aplikasi belajar online. Ada banyak situs belajar online gratis yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)