Ukrida Gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Rabu, 29 Desember 2021 - 15:27 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, mengingat pentingnya digital learning yang memberikan dampak positif bagi proses belajar mengajar, tim penelitian 2 melakukan riset 'Pendekatan Technology Acceptance Model untuk Menganalisis Penggunaan Sistem Digital Learning Ukrida dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka". Oktavia dan tim telah menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) secara langsung dari mahasiswa dan dosen.

"Berdasarkan pengamatan, dari berbagai aplikasi dan platform yang digunakan Ukrida disimpulkan bahwa aplikasi digital learning yang digunakan di Ukrida (UVC maupun New Sisfo) telah sesuai dengan kebutuhan. Jika dibandingkan dengan beberapa kampus lain yang menerapkan MBKM, maka Ukrida telah memiliki aplikasi yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa maupun dosen untuk mendukung pelaksanaan digital learning yang baik dalam program MBKM," kata Oktavia.

Selain melakukan penelitian, tim dari Ukrida juga menggelar pengabdian masyarakat. Tim ini dibagi menjadi dua. Tim 1 mempersiapkan Sekolah Sinar Kasih Bogor berbasis digital. Kegiatan ini melatih 18 guru SD dan SMP Sinar Kasih di Hotel Papyrus Tropical Bogor pada 20-21 Desember 2021. Materi yang diberikan antara lain filosofi pendidikan, pendidikan karakter, kepemimpinan seorang guru, penulisan silabus kreatif serta pedagogi kreatif, metode pembelajaran aktif, literasi digital, dan platform learning management system google classroom.

"Tim juga memberikan bantuan pendanaan berupa aset untuk peningkatan fasilitas dan alat penunjang pembelajaran sekolah yang dihadiri pemerintah desa hingga pengurus RT agar penggunaan aset dapat dioptimalkan di kemudian hari," kata ketua tim 1 Iwan Aang Soenandi.

Sementara Tim 2 Ukrida melakukan peningkatan kapasitas life skill pada program kewirausahaan Siswa SMK Pelita IV dan Kelurahan Tanjung Duren. Tim ini memberikan workshop kewirausahaan, teknik multimedia, tata boda, dan digital printing pada 17 Desember 2021 di SMK Pelita IV dan Kelurahan Tanjung Duren Utara. Tim 2 juga memberikan bantuan pendanaan berupa aset alat tata boga, alat multimedia, dan alat digital printing yang diserahterimakan kepada Kelurahan Tanjung Duren Utara.

"Tentunya dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa wirausaha sebagai soft skill yang akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang mandiri dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan," kata ketua Tim 2 Ukrida, Saparso.

Dalam seminar hasil ini, Ukrida mengumumkan bahwa penelitian terbaik diberikan kepada Lidia Sandra dan Tim yang dengan memaparkan laporan berjudul Pengembangan Model dan Ekosistem Digital Pembelajaran Partisipatif Kolaboratif. Sementara, untuk pengabdian masyarakat terbaik diberikan kepada Saparso dan tim dengan topik Peningkatan Kapasitas Life Skill pada Program Kewirausahaan Siswa SMK Pelita IV dan Kelurahan Tanjung Duren.

Vincent Suryawidjaja, salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi Ukrida mengatakan, program MBKM sangat bermanfaat bagi dirinya, terutama dalam hal mengenal dunia kerja yang sebenarnya, selain materi yang diperoleh di kelas. Melalui program MBKM, dia merasa banyak mendapatkan keterampilan serta berbagai keahlian khusus yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Pengalaman berinteraksi secara langsung dengan para pihak profesional juga melatih saya untuk memiliki cara komunikasi yang efektif serta kepercayaan diri. Selain itu, program MBKM, misalnya Kampus Mengajar yang saya ikuti, juga mendorong saya untuk memiliki kepekaan sosial dan kematangan emosional melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan," katanya.

Menurutnya, berbagai hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipaparkan sangat membuka wawasan terkait berbagai isu terkini, seperti penerapan teknologi dalam pembelajaran, penyelenggaraan program MBKM, serta berbagai fenomena sosial lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3349 seconds (0.1#10.140)