Orang Tua, Ini 10 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Senin, 14 Februari 2022 - 20:17 WIB
loading...
A A A
3. Komunikasi dan Sosialisasi
Bagi orang tua tak ada salahnya menanyakan perkembangan bakat pada anak melalui hal-hal yang tampak sebagai sesuatu yang menjadi kecenderungan dan kesukaan. Berkomunikasilah dengan anak, tanyakan hal-hal yang bisa membuat orang tua semakin yakin jika hal tersebut adalah bakat anak.

Selain komunikasi yang baik, orang tua bisa membantu anak bersosialisasi di lingkungan lain yang menjadi bakat tersebut tidak hanya di rumah. Ajak anak mengikuti sanggar, pelatihan dan sejenisnya sesuai dengan kecenderungan bakat yang mulai nampak.

4. Mengikutkan Anak dengan Kompetisi
Sebelum mengikutkan anak pada kompetisi, ada baiknya orang tua memberikan pemahaman pada anak bahwa setiap perlombaan pada dasarnya diikuti untuk membantu anak meningkatkan skill dan kemampuan.

Soal hasil itu hanyalah efek. Perlombaan adalah sarana belajar dari waktu ke waktu sehingga pada saatnya nanti hasil dan kualitas akan lebih baik.

Usia kanak cenderung banyak yang tidak siap untuk mengikuti lomba. Anak mudah kecewa dengan hasil yang tidak sesuai harapan. Jadi, orang tua sangat penting memberikan pemahaman bahwa lomba bukanlah soal menang kalah, tetapi bagian dari proses mengasah dan meningkatkan kemampuan bakat.

5. Membebaskan Anak Membuat Pilihan
Seringkali orang tua ingin anaknya menjadi seperti apa yang diinginkan, bukan apa yang menjadi keinginan anak. Inilah hal yang sering terjadi, bahkan sejak kecil. orang tua di satu ketika mungkin pernah memiliki obsesi untuk menjadi A, B atau yang lain, tetapi tidak tercapai. Mewariskan cita-cita tersebut pada anak bukanlah hal yang bijak.

Jika anak memang akhirnya memiliki kecenderungan yang sama dengan orang tua mungkin tak masalah, tetapi memaksakan apa yang menjadi keinginan bagi orang tua adalah sebuah kesalahan.

6. Tes Minat dan Bakat
Uji minat dan bakat anak tetap diperlukan. Soal bentuk tes ini dikembalikan pada orang tua sebab ada banyak teknik yang memberikan garansi keakuratan pembacaan minat dan bakat pada anak.

Orang tua bisa memilih mana yang paling sesuai dan paling diyakini. Tes ini pada dasarnya bertujuan untuk memastikan dugaan orang tua tidak salah terhadap apa yang sudah dilihat di lapangan.

7. Mendukung dan Memotivasi
Setelah orang tua yakin dan tahu pasti apa yang menjadi minat dan bakat anak, maka tugas terakhir adalah mendukung dan memotivasi anak untuk mengembangkan bakat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3024 seconds (0.1#10.140)