Orang Tua, Ini 10 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Senin, 14 Februari 2022 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Salah satu caranya bisa dengan memilihkan jalur pendidikan yang sesuai. Pendidikan adalah salah satu cara yang bisa dipilihkan orang tua untuk mendukung kemampuan anak.

Anak orang tua mungkin memiliki kecenderungan di dunia kesehatan, tak ada salahnya mendukung anak kuliah di Fakultas Kedokteran.

8. Menempatkan Anak di Posisi Terdekat
Biasanya bakat-bakat yang dimiliki oleh anak akan mudah terlihat saat kondisi anak sedang dalam keadaan terdesak atau terancam. Sehingga hal ini membuat kemampuan yang dimiliki selama ini dapat muncul. Cara ini banyak dilakukan para orang tua agar bisa mengetahui bakat terpendam dalam diri anak. Misalnya saja, coba untuk memberikan anak PR dalam jangka waktu yang mendesak. Kondisi ini bisa membuat anak mencoba berpikir cepat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dimilikinya.

9. Mengajarkan Anak Untuk Bekerja Keras
Terkadang terdapat kondisi di mana bakat dan minat yang dimiliki anak bisa terlihat asalkan ada perlakuan yang khusus yang membuat bakat tersebut bisa muncul. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang selalu bekerja keras.

Misalnya saja, ketika anak meminta uang kepada anda maka anda bisa mencoba untuk menumbuhkan sikap pekerja keras dalam diri anak anda. Untuk meminta uang, anda bisa meminta anak untuk melakukan pekerjaan terlebih dahulu seperti merapikan kamar, mencuci sepeda, belajar, dan lainnya. Tujuan dari cara ini adalah agar bisa mengajarkan kepada anak untuk mendapatkan sesuatu dibutuhkan kerja keras.

10. Berkonsultasi dengan Guru
Anda juga bisa mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak melalui konsultasi dengan pihak guru di sekolah, terutama dengan guru kelas. Hal ini karena guru kelas memang memiliki tugas untuk mendidik dan mengajar anak anda setiap harinya di sekolah. Apalagi sebagi besar waktu anak dihabiskan di lingkungan sekolah, sehingga sebagian besar guru tentu mengetahui dan memahami bakat terpendam yang dimiliki anak.

Selain itu guru kelas juga pasti memahami apa saja yang menjadi kelemahan dan kelebihan hingga bakat yang dimiliki anak anda. Oleh karena itu anda bisa mencoba berkonsultasi dengan guru mengenai bakat yang dimiliki oleh anak sekaligus mendiskusikannya. Rajin-rajinlah berkomunikasi dengan guru atau wali kelas anak anda untuk mengetahui perkembangan anak anda sehari-harinya di sekolah.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)