Ini Tips Makan Hemat Anak Kos untuk Mahasiswa Baru

Kamis, 31 Maret 2022 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Bagaimana jika di kosan tidak ada dapur? Mungkin harus menyiasati dengan belajar mengolah makanan sesimpel mungkin dengan rice cooker.

2. Masak nasi putih sendiri

Cara atau tips makan hemat ala anak kos yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan memasak nasi sendiri. Sebagai orang Indonesia yang sudah terlalu terbiasa untuk makan nasi putih apa pun lauk yang tersedia, maka kalian perlu menyediakan sendiri.

Sebagai anak kos, harus bisa mencari celah untuk menyiasati hal ini. Harga nasi putih di tempat makan biasanya mulai dari Rp4.000 hingga Rp6.000 untuk satu porsinya. Jika sehari membelinya sebanyak 3 kali, sudah terbayang sendiri dong berapa pengeluaran yang harus dibayar hanya untuk nasi.

Terlihat tidak seberapa memang. Namun jika merinci pengeluaran untuk itu dalam satu bulan, maka kalian bisa mengeluarkan budget sampai dengan Rp360.000 hanya untuk seporsi nasi.

Maka, daripada membeli nasi putih di tempat makan, maka sebaiknya kamu membeli penanak nasi dan berasnya sekalian. Kemudian masaklah nasi sendiri untuk kebutuhan makan. Mungkin berat di awal tapi yakinlah akan sangat menguntungkan di masa depan. Untuk pilihan lauknya? Tentu saja bebas pilih apa yang ingin dimakan.

3. Cintai air putih

Tips makan hemat ala anak kos selanjutnya yang bisa dipraktikkan adalah mulai saat ini cintailah air putih setulus hati. Sebab ini adalah salah satu tips sederhana tetapi hasilnya akan sangat luar biasa sekali.

Setiap kali makan tentunya perlu juga untuk mengonsumsi minuman. Tetapi sadarkah kalian bahwa di beberapa tempat makan menjual minuman dengan harga sama atau bahkan lebih tinggi daripada harga makanan yang kamu pesan?

Minuman yang hampir selalu ada dan memiliki harga paling murah biasanya adalah air putih. Maka tips makan hemat ala anak kos yang harus dicoba adalah untuk selalu memesan air putih ketika terpaksa makan di luar atau di kantin kampus.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)