Ini Tips Makan Hemat Anak Kos untuk Mahasiswa Baru

Kamis, 31 Maret 2022 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Jadi tidak ada salahnya mengisi terlebih dahulu perutmu dengan makanan di warung dekat kos atau masakan kamu sendiri dengan budget yang hanya berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000 saja tapi sudah kenyang luar biasa.

Jadi nanti ketika nongkrong, kalian cukup hanya membeli minuman saja. Kali ini tidak perlu membatasi diri dengan hanya membeli air putih saja kok. Kamu boleh membeli minuman cafe dengan batasan harga tertentu jika memang ini tidak sering dilakukan.

Cara ini bisa kamu terapkan jika memang tidak bisa menolak untuk pergi nongkrong bersama teman. Namun, selama menurut kalian itu masih bisa ditunda atau bisa ditolak, maka lebih baik mengurangi pergi nongkrong dan menggantinya dengan main di kos teman secara bergantian. Bisa lebih hemat namun tetap menjalin keakraban.

6. Kurangi konsumsi perdagingan

Tips makan hemat ala anak kos selanjutnya adalah mengurangi konsumsi daging. Memang, bagi anak kos, sah-sah saja kok mengonsumsi daging sebagai lauk. Namun tidak ada salahnya juga kan untuk menguranginya.

Sebab mengurangi konsumsi daging tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi kolesterol. Tapi dari segi pengeluaran juga bisa mengurangi biaya lebih untuk membelinya.

Daging biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dari menu lainnya. Untuk tetap memperoleh kebutuhan protein, bisa menggantinya dengan konsumsi protein nabati melalui sayuran dan tahu tempe.

Di dekat kos pasti ada warung penyetan atau warung burjo yang menyediakan menu tahu tempe sayuran. Menu itu bisa dipilih. Jika ingin sesekali makan daging juga tidak apa-apa. Tapi usahakan tidak setiap hari. Misalnya satu kali seminggu itu masih wajar kok.

7. Jangan kebanyakan bawa uang tunai saat bepergian

Tips makan hemat ala anak kos selanjutnya adalah jangan membawa uang tunai kebanyakan terutama saat bepergian. Sebab hal ini bisa jadi salah satu penyakit boros yang tanpa sadar dilakukan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4177 seconds (0.1#10.140)