Ini Tips Makan Hemat Anak Kos untuk Mahasiswa Baru

Kamis, 31 Maret 2022 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Harga segelas es jeruk atau es teh manis adalah Rp3.000 kemudian harga air putih hanya Rp1.000 dan bahkan di beberapa tempat digratiskan. Bayangkan berapa banyak yang bisa kamu hemat jika mulai membiasakan diri minum air putih.

Ingin lebih berhemat lagi? Maka pilihlah model atau gambar botol favorit dan bawalah selalu kemana pun pergi. Ke sekolah, ke kampus atau ke kantor. Kalian jadi bisa selalu membawa botol air minum yang sudah terisi dari kos – kosan dan tentu akan jauh lebih hemat daripada membeli sebotol air mineral di minimarket.

Jadi, kalian cukup membeli air mineral galon paling tidak 2x dalam sebulan dengan budget hanya sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 saja.

Jadi mulai sekarang belajar mencintai air putih, ya. Selain hemat, air putih juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kalian tidak perlu merasa gengsi atau malu untuk memesannya. Lumayan sekali lho jika bisa menghemat budget minuman setiap kali makan.

4. Rinci pengeluaran makan selama sebulan

Tips makan hemat ala anak kos yang pertama adalah dengan membuat rincian pengeluaran makan selama satu bulan. Jadi, ketika uang kiriman datang, sebaiknya langsung membuat rincian semua pengeluaran secara detail, termasuk pengeluaran makan. Hal satu ini sayangnya jarang dilakukan anak kos. Biasanya pengeluaran mereka hanya dikira-kira saja atau dicukup-cukupi tanpa tahu rincian pasti apa saja detailnya.

Tujuan merinci pengeluaran ini adalah agar bisa tahu hal apa saja yang melubangi kantong kamu tersebut. Sehingga, bisa menutupi lubang tersebut. Setelah merinci secara detail kegiatan apa saja yang dilakukan selama sebulan tersebut, mungkin kamu akan sadar terhadap tindakan pemborosan apa yang telah dilakukan selama ini.

5. Kurangi nongkrong di cafe

Sebagai anak muda, kegiatan nongkrong menjadi sebuah kebutuhan sosial yang tidak dapat dihindari. Nongkrong di cafe atau warung kopi bersama teman memang sah-sah saja kok untuk dilakukan. Tetapi kalau terlalu sering bisa jadi pengeluaran dalam sebulan boncos juga.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi? Maka usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong. Beneran deh. Makan dulu saja sampai kenyang saat akan pergi keluar. Daripada membeli makanan di cafe dengan harga Rp50.000 hingga Rp100.000-an tapi belum tentu bisa kenyang.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0824 seconds (0.1#10.140)