Dukung Kurikulum Merdeka, Sekolah dan Sektor Swasta Jalin Kolaborasi

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 11:31 WIB
loading...
A A A
“Tujuan yang ingin dicapai adalah peningkatan kapasitas kepemimpinan dan tata kelola sekolah, peningkatan kualitas pembelajaran sekolah, peningkatan kerja sama sekolah dengan industri, serta meningkatkan praktik baik dan penerapannya untuk keberlanjutan dan perluasan manfaat program,” ungkap Yulia Yasmina.

Program ini merupakan program jangka menengah yang berdurasi tiga tahun yaitu selama 2022 - 2025. Di tahun pertama, Trakindo dan sekolah mitra akan bersama menyusun dan melaksanakan peningkatan kapasitas tata kelola sekolah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan kesiapan karier; pengenalan Kurikulum Merdeka dan profil Pelajar Pancasila; perancangan dan penerapan dan penilaian pembelajaran berbasis proyek (project-based learning/PjBL); produksi video untuk media belajar PjBL, pengenalan dunia karier oleh guru bimbingan konseling dan Trakindo; temu guru penggerak dan temu siswa.

Memasuki tahun kedua, Trakindo dan sekolah mitra mulai meninjau penerapan program tahun pertama dan merancang program tahun kedua; merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis Inkuiri atau penemuan; melaksanakan penilaian otentik dalam Kurikulum Merdeka; melaksanakan lokakarya kesiapan; mengembangkan tulisan populer praktik baik; dan dalam kesempatan tahun ini Trakindo juga akan memberikan materi tambahan untuk SMP Mitra baru berupa pembelajaran berbasis proyek dan produksi video untuk bahan ajar PjBL; serta kembali melaksanakan temu guru penggerak dan temu siswa.

Pada tahun ketiga, Trakindo dan SMP mitra merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis tantangan (challenge-based learning); mengembangkan jurnal siswa untuk ePortofolio; memanfaatkan online tool untuk kreasi multimedia bagi peningkatan kecakapan kreasi dan komunikasi siswa; meningkatkan kecakapan problem solving dan komunikasi publik melalui program “Pitch Your Idea”; produksi dan publikasi video praktik baik; serta temu guru penggerak dan temu siswa di tahun ketiga.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Singosari Bambang Dwi Yudo Leksono menyambut baik inisiatif yang disiapkan Trakindo ini. Menurutnya, lewat Kurikulum Merdeka, guru dapat memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Implementasi kurikulum oleh sekolah diarahkan untuk mencapai kompetensi peserta didik, termasuk dalam kondisi khusus.

“Masa pandemi Covid-19 lalu adalah salah satu kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Untuk mengatasi learning loss sekolah memerlukan pemulihan pembelajaran. Di sinilah peran Generasi Trakindo membantu sekolah mempercepat pemulihan dan membangun standardisasi yang setara antar sekolah, dan antara peserta didik,” tuturnya.

“Kami berharap dengan program yang dijalankan, kelak melahirkan insan yang yang memiliki kompetensi dan pengetahuan yang baik, serta karakter yang baik, karena kami percaya knowledge is power, but character is more” tutup Yulia Yasmina.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)