3 Latihan Dasar untuk Meningkatkan IQ Anak, Orang Tua Wajib Mencobanya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:53 WIB
loading...
A A A
Kemampuan memori atau daya ingat juga menjadi unsur penting yang berhubungan dengan kecerdasan. Tak heran apabila tak sedikit ahli yang menyebutkan bahwa menajamkan daya ingat bisa membantu meningkatkan IQ, tak terkecuali pada anak. Para ibu bisa melakukannya dengan mencoba untuk mengajak si kecil bermain alat musik.

2. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa melatih dan mengasah peningkatan IQ pada anak. Tak hanya memberikan banyak informasi dan menambah wawasan, dengan membaca buku juga bisa menjadi cara untuk melatih anak dalam meningkatkan IQ-nya dan cara ini cukup efektif. Manfaat ini tentunya baru akan terasa jika disiplin dilakukan setiap hari.

Menurut studi orang tua yang membacakan buku untuk anak dengan suara yang cukup dan pemilihan kata yang mampu dipahami anak, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa dan kognitif anak. Semakin banyak anak mendengar kata yang ibu ucapkan, semakin baik pula daya ingat dan kemampuan berkomunikasinya.

3. Melatih Otak Melalui Permainan

Salah satu cara untuk meningkatkan IQ pada anak selain bermain alat musik dan membaca buku yaitu melakukan permainan yang dapat mengasah otak anak (brain games), misalnya bermain puzzle, bermain lego, dan lain-lain.

Selain 3 cara di atas, para ibu juga bisa melatih untuk meningkatkan IQ pada anak dengan cara latihan otak Cross Crawls dan Lazy Eight, latihan otak Double Doodle dan The Elephant, latihan otak The Owl dan The Active Arm.

Latihan-latihan di atas tersebut adalah latihan rutin yang akan membuat otak anak semakin aktif, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, juga kemampuan mengatur sesuatu.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4145 seconds (0.1#10.140)