15 Rumus Function Excel untuk Pemula, Sangat Penting untuk Dipelajari

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:29 WIB
loading...
A A A
Rumus Excel ini berfungsi untuk mencari angka tertinggi ataupun terendah di dalam sebuah deretan data. Misalnya terdapat sembilan mahasiswa yang nilainya ditulis di sel A2 hingga A10. Maka jika Anda ingin mengetahui nilai yang tertinggi, bisa menggunakan rumus =MAX(A2:A10), sebaliknya jika kamu ingin menggunakan nilai terendah, kamu bisa menggunakan rumus =MIN(A2:A10)

7. TRIM

Rumus ini berguna untuk menghapus spasi yang berlebihan di dalam sebuah sel. Misalnya spasi yang ada di awal kalimat, akhir kalimat ataupun spasi ganda.

Namun yang perlu kamu ketahui bahwa rumus ini hanya bisa digunakan pada satu sel saja, sehingga Anda tidak bisa menggunakan rumus ini di beberapa sel sekaligus dan harus satu persatu. Contoh penulisan rumusnya adalah =TRIM(A1)

8. AND

Rumus AND memiliki fungsi logika yang bisa mencari tahu apakah isi dari suatu sel tersebut benar atau salah. Berikut adalah contoh rumus yang bisa Anda gunakan =AND(A1>50;A1<100)

Jika memang angkanya memenuhi kriteria (A1>50 dan A1<100) maka hasil yang akan di temukan adalah TRUE (benar). Begitu sebaliknya.

9. OR

Sama seperti rumus AND, rumus OR ini digunakan untuk mencari tahu apakah kriteria yang ditentukan dalam sel benar atau salah. Hal yang memberdakan adalah rumus OR harus di penuhi dengan salah satu kriteria saja, yaitu =OR(A1<50;A1>100) yang maka hasilnya adalah TRUE atau benar. Dan begitu juga sebaliknya.

10. NOT
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)