15 Rumus Function Excel untuk Pemula, Sangat Penting untuk Dipelajari

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:29 WIB
loading...
A A A
COUNT memiliki fungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka pada Excel. Misalnya di sel A1 sampai I1 hanya A1 hingga E1 yang terdapat angka. Maka jika dilakukan perhitungan pada sel tersebut menggunakan rumus COUNT(A1:I1). Hasil yang keluar dari rumusnya hanyalah angka 5 karena hanya lima sel yang memiliki angka di dalamnya.

3. COUNTA

Sama seperti rumus sebelumnya, COUNTA juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Bedanya, COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang terdapat angka, tapi sel yang berisi apa pun sehingga kamu bisa tahu jumlah sel yang tidak kosong di dalamnya.

Misalnya, di sel A1 sampai D1 terisi kata, sedangkan sel G1 hingga I1 terisi angka. Maka jika dihitung menggunakan rumus COUNTA, rumusnya adalah =COUNTA(A1:I1).
Maka hasil rumusnya yang keluar adalah 7. Hal ini dikarenakan sel yang kosong hanyalah E1 dan F1.

4. AVERAGE

Salah satu rumus Excel ini memiliki fungsi untuk menghitung rata-rata angka yang terdapat di range sel tertentu. Misalnya Anda sedang menghitung rata-rata nilai mata kuliah yang terdapat di sel A2 hingga A6, maka bisa menggunakan rumus =AVERAGE(A2:A6)

5. IF

Rumus ini sebenarnya agak komplek karena memiliki fungsi yang sangat penting. IF juga bisa membantu untuk mengidentifikasikan data berdasarkan dengan logika tertentu yang biasanya terbentuk dalam benar ataupun salah.

Misalnya Anda ingin memastikan apakah angka A1 lebih besar dari pada angka di B1. Jika angkanya memang lebih besar, kamu ingin melihat kata “benar” dan jika angkanya lebih kecil, kamu ingin melihat kata “salah”. Rumusnya adalah =IF(A1>B1; “Benar”;”Salah”)

6. MAX dan MIN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)