15 Rumus Function Excel untuk Pemula, Sangat Penting untuk Dipelajari

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:29 WIB
loading...
A A A
Pada rumus ini merupakan kebalikannya rumus AND dan OR. Contoh saat Anda menggunakan rumus ini =NOT(A1>50) maka hasilnya adalah TRUE atau benar jika angkanya memenuhi kriteria (A1>50). Sedangkan jika angkanya memenuhi kriteria, maka hasilnya adalah FALSE.

11. LEN

Fungsi rumus ini adalah untuk menghitung adanya jumlah karakter yang terdapat di dalam salah satu sel. Yang dihitung tidak hanya kata, tetapi juga spasi dan tanda baca seperti titik dan koma. Contoh rumus yang bisa Anda gunakan adalah =LEN(A1).

Beberapa hal yang bisa Anda gunakan sebagai catatan adalah rumus LEN tidak bisa diaplikasikan di dalam beberapa sel sekaligus. Untuk itu Anda harus menggunakan rumus ini satu persatu di dalam sel tertentu.

12. AREAS

Dalam penggunaan Excel, rumus ini adalah sebuah konsep yang digunakan untuk menghitung jumlah area yang di seleksi. Untuk memperoleh hasil data tersebut, Anda bisa mebggunakan rumus =AREAS(A1:C6) untuk menghtiung jumlah area yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Setelah di hitung, maka bisa ditemukan bahwa hasilnya adalah 1 karena Anda hanya menyeleksi satu range sel saja.

13. VLOOKUP

Rumus ini terkesan sulit namun bila Anda mengetahuinya, rumus ini akan mempermudah pekerjaan Anda dan berguna saat mengambil data yang akan disusun secara vertikal. Jika Anda menawarkan beberapa paket yang terdiri dari produk layanan, table rincian yang harus digunakan adalah Sel B15:D17. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diketahui untuk menggunakan rumus VLOOKUP

1. Sel yang perlu dimasukan adalah C4, dikarenakan sel ini mengindikasikan jenis paket yang telah dibeli oleh konsumen.

2. Langkah selanjutnya Anda perlu memasukan range sel untuk table biaya (B15:D17). Hal ini diperuntukan agar nilai table relevan dan tekan F4 sehingga di dalam kode range selnya nanti akan muncul presentasenya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2851 seconds (0.1#10.140)