Mahasiswa Vokasi UI: Belajar Sambil Menyuguhkan Budaya Indonesia di Inggris

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:52 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya perkuliahan formal, IISMAVO awardees Vokasi UI juga berkesempatan untuk menelisik sejumlah perusahaan top di Inggris, seperti Morgan Motor Company, Brompton Bicycle, Mini Cooper, Jaguar Land Rover, JCB Company, Bloomberg, dan Manchester City Football Club, dalam rangkaian the Pride of Britain tours.

Melalui tour tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengerti lebih dalam mengenai keunggulan kompetitif suatu perusahaan dan leadership style yang diterapkan. Dengan melihat langsung etos kerja yang dimiliki tiap perusahaan, mahasiswa dibekali dengan berbagai tips untuk mengembangkan profesionalisme, dan didukung oleh disiplin yang tinggi.

Vanessa berpendapat bahwa kunjungan ke perusahaan-perusahaan tersebut sangat membantu untuk memahami industri secara lebih komprehensif. Pemahaman industri menjadi kunci penting bagi mahasiswa Vokasi untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja.

“The Pride of Britain tour berpotensi besar sebagai kegiatan wisata yang dapat dikembangkan di Indonesia,” tutur Vanessa menanggapi insight apa yang bisa didapat sebagai mahasiswa pariwisata.

Selama di Coventry, ketiga mahasiswa UI tersebut juga aktif mengikuti Global Leaders Programme (GLP), sebuah wadah bagi mereka untuk menjalin relasi dengan mahasiswa internasional dari berbagai negara sembari mengasah soft-skills, seperti leadership skills, intercultural communications, self development dan project management.

Sebagai mahasiswa Indonesia yang mengikuti kegiatan mobilitas di luar negeri, Amanda merasakan betapa pentingnya penguatan jejaring internasional.

“Kesempatan ini akan lebih lengkap apabila dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengenal budaya asing dan memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional,” papar Amanda lebih lanjut.

Bersama dengan seluruh awardees di Coventry University, Amanda juga ikut tampil di acara IISMAVO Night: A Glimpse of Indonesia, Jumat (9/12/2022), yang bertujuan memperkenalkan keragaman dan keindahan Tanah Air. Acara ini sukses diselenggarakan dengan dihadiri oleh lebih dari 100 audiens.

Acara yang dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya, Dr Desra Percaya, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, Profesor Khairul Munadi, menjamu para audiens dengan suguhan highlight budaya Indonesia.

Mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan puisi, pembacaan Sumpah Pemuda, paduan suara lagu Tanah Air oleh 42 awardees, penampilan tari tradisional Jawa Timur, hingga hidangan khas Indonesia seperti soto dan sop buah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)