5 Mitos Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa

Kamis, 23 Februari 2023 - 10:33 WIB
loading...
A A A
Masih ada anggapan kalau mahasiswa itu bisa mengenakan pakaian sebebas-bebasnya. Faktanya, setiap perguruan tinggi bahkan setiap dosen punya peraturan sendiri mengenai pakaian yang harus dikenakan oleh mahasiswanya.

Ada juga kampus yang mewajibkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk selalu memakai kemeja atau berpakaian formal di setiap kegiatan akademik.

3. Orang Sukses hanya Berasal dari Perguruan Tinggi Ternama

Mitos yang satu ini juga banyak dipercaya di tengah masyarakat. Padahal kuliah di kampus terkenal tidak menjamin keberhasilan seseorang di masa depan.

Memang perguruan tinggi terkenal kredibilitasnya bisa menjadi salah satu faktor yang akan memudahkan perjalanan karier seseorang. Namun perlu diingat, kualitas orang sukses ditentukan dari kesungguhan dan usahanya sendiri. Bukan hanya dari faktor luar seperti predikat kampus dan lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Kampus, UIN Salatiga Kukuhkan 6 Guru Besar

Jadi jangan berkecil hati jika kalian tidak berkuliah di kampus yang terkenal di mata masyarakat. Sebaliknya, jangan besar kepala dan lantas bermalas-malasan jika sudah diterima di kampus ternama. Tetaplah berusaha tingkatkan kualitas diri dengan belajar dan menuntut ilmu seluas-luasnya.

4. Jurusan Kuliah Pasti Menentukan Karier di Masa Depan

Mitos ini juga sering membuat calon mahasiswa merasa kesulitan menentukan jurusan kuliah pilihannya. Ingin jurusan A tapi prospek kerjanya tidak menjanjikan. Jurusan B ada peluang kerja bagus tapi tidak cocok dengan minat yang dimiliki.

Memang banyak orang yang berkarier di bidang yang sama dengan jurusan kuliahnya. Namun jurusan kuliah tidak menjadi satu-satunya penentu kariermu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)