Mahasiswa Unair Didorong Berinovasi untuk Melahirkan Produk Kebutuhan Masyarakat

Kamis, 01 Juni 2023 - 18:43 WIB
loading...
A A A
Karena itu, pihak terkait harus melahirkan inovasi yang berlandaskan dari perkembangan produk, jasa, dan experience yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari masyarakat.

Demikian pula pentingnya pemanfaatan big data management untuk menangani masalah yang ditimbulkan oleh kepadatan penduduk yang terus meningkat di Surabaya.

Beatrix Santi Anugrah mengungkapkan saat ini telah terjadi pergeseran perilaku masyarakat yang dinavigasi oleh Covid-19. Less contact yang berbasis digital itu sudah menjadi arah dalam pergerakan masyarakat sekarang.

"Pertumbuhan sektor ekonomi digital, kini tengah menjadi fokus pemerintah karena dipercaya mampu mempercepat perekonomian nasional. Kenapa? Lantaran dipercaya mampu membantu mempercepat akselerasi di sektor perekonomian nasional dengan nilai ekonomi yang diproyeksikan dapat mencapai USD300 miliar di tahun 2030," kata Beatrix.

Untuk memastikan proyeksi nilai ekonomi dapat tercapai, Indonesia perlu melakukan akselerasi transformasi digital di segala aspek yang meliputi integrasi teknologi digital di semua area dan proses bisnis.

Dalam mengakselerasi transformasi digital membutuhkan ekosistem yang harus dibentuk bersama-sama. Ekosistem ini yang akan mengintegrasikan kolaborasi dan menciptakan atmosfer kompetisi digital yang sehat dalam satu organisasi.

Indonesia membutuhkan 9 juta digital talent untuk 15 tahun ke depan agar keberlangsungan ekosistem digital Indonesia terjadi.

"Oleh karena itu, Fordigi Goes to Campus ini yang merupakan program kerja dari Fordigi Bidang Ecosystem Development (Bidang IV) diharapkan dapat menjadi wadah bagi para insan mahasiswa untuk belajar memiliki pemahaman terkait kontekstual, tren, tantangan, serta potensi yang terdapat di era digital," katanya.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Unair Prof Muhammad Madyan menyampaikan adopsi digital yang berkembang di kampus. Ia mengatakan saat ini, mahasiswa tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan digital. Fenomena digitalisasi ini semakin massif dengan hadirnya pandemi Covid-19. Pembelajaran sekejap menggunakan teknologi digital. Kuliah daring akan menjadi tren pembelajaran ke depan.

Muhammad Madyan juga menyampaikan Unair tengah membangun ARP (Airlangga Resource Plan) atau Perencanaan Sumber Daya Universitas Airlangga. "ARP yang melingkupi sistem keuangan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta pengadaan barang dan jasa. Arahnya adalah pengurangan penggunaan cash di unit maupun fakultas di Universitas Airlangga. Kita mengganti dengan cashless semuanya," kata Muhammad Madyan saat menjadi keynote speaker hybrid seminar Fordigi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)