6 Jurusan Paling Favorit di STAN, Mana Incaran Kamu?

Senin, 31 Juli 2023 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Jurusan PKN STAN yang satu ini juga merupakan satu-satunya yang menerapkan pendidikan semi militer/ Selain belajar di ruang kelas, kamu juga akan menjalani kegiatan rutin, seperti olahraga, dan baris-berbaris. Oleh karena itu, jurusan Diploma III Kepabeanan dan Cukai pada dasarnya dikhususkan untuk para laki-laki. Sedangkan D1-nya boleh diikuti oleh laki-laki dan perempuan.

Kamu akan belajar banyak mata kuliah di jurusan Kepabeanan dan Cukai, mulai dari pengantar kepabeanan dan cukai, hukum keuangan negara, audit kepabeanan dan cukai I dan II, dan masih banyak lagi.Sama seperti Akuntansi, Kepabeanan dan Cukai juga masuk ke dalam daftar jurusan yang paling diminati di STAN

4. Kebendaharaan Negara

Sama seperti Kepabeanan dan Cukai, jurusan PKN STAN yang satu ini juga terdiri dari dua program, yaitu Diploma I Kebendaharaan Negara dan Diploma III Kebendaharaan Negara.



Kalau mendengar kata bendahara tentu kamu tak asing dengan hal-hal yang berbau uang. Nah, kalau Kebendaharaan Negara ini sendiri akan berfokus untuk mengurus keuangan negara. Jadi, ruang lingkupnya lebih luas tak cuman sekadar kelas saja.

Dalam ruang lingkup yang cakupannya lebih luas seperti negara, tentu dibutuhkan orang-orang yang memahami seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.

Ada banyak sekali mata kuliah yang akan kamu pelajari dari Kebendaharaan Negara, mulai dari hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

5. Penilai / Pajak Bumi Bangunan

Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, di universitas lain belum ada. Jadi, bisa dibilang jurusan Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB) sifatnya spesialisasi.

Di jurusan ini, secara garis besar kamu akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota. Lulusan dari jurusan Penilai/PBB nanti bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Kekayaan atau BPKP.

6. Manajemen Aset

Sama seperti halnya Akuntansi dan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya tersedia untuk program Diploma III saja, ya.

Bisa dibilang, jurusan Manajemen Aset ini merupakan jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, kamu akan bersinggunggan dengan mata kuliah hukum yang tak bakalan jauh-jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Untuk mata kuliahnya, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari pengurusan piutang negara, pengetahuan lelang, manajemen risiko pelelangan, hingga hukum pertahanan dan hukum perdata.

Mengenal PKN STAN

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara.

Nama PKN STAN sendiri mulai diresmikan tanggal 23 Juli 2015, dari yang sebelumnya namanya STAN saja. Sejatinya, ada banyak sekali jurusan di PKN STAN yang bisa kamu ambil, mulai dari Diploma III sampai Diploma IV
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)