6 Perbedaan Vokasi dan Akademik yang Perlu Dipahami Agar Tak Salah Pilih Kuliah

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:42 WIB
loading...
A A A
Untuk program doktor, nantinya gelar yang diperoleh adalah doktor dengan waktu studi bervariasi mulai dari 3 – 7 tahun. Program studi khusus pada program sarjana juga menawarkan program profesi, seperti jurusan kedokteran gigi, farmasi, dan sebagainya.

3. Penerapan Kurikulum


Program Vokasi


Sesuatu tujuan adanya Program Vokasi yang menghasilkan lulusan dengan keahlian terapan, kurikulum perkuliahan pun mengalami banyak penyesuaian. Mahasiswa akan menjalani berbagai macam kegiatan praktik dengan porsi lebih besar dibandingkan teori.

Dengan banyak melakukan praktik, mahasiswa akan lebih siap ketika diminta terjun di dunia kerja. Lulusan Program Vokasi akan belajar dari masalah di lapangan dan mencari solusinya.



Program Akademik

Kurikulum yang berlaku pada Program Akademik dan Program Vokasi memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada Program Akademik, kurikulum yang diberikan banyak berfokus pada teori dibandingkan praktik.

Hal ini juga turut berdampak pada penugasan ketika proses perkuliahan. Tujuan pemberian porsi teori yang lebih banyak adalah membuat mahasiswa dapat menguasai ilmu yang diberikan.

4. Prospek Karier Lulusan


Program Vokasi

Lulusan Program Vokasi sudah terlatih untuk menjalani perkuliahan dengan melakukan banyak praktik. Secara tidak langsung, mahasiswa sudah dilatih menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Lulusan Program Vokasi pun bisa langsung bekerja di perusahaan-perusahaan atau di perkantoran. Sudah banyak lapangan kerja yang khusus membuka peluang bagi lulusan Program Vokasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan karier yang akan dijalani di masa dep

Program Akademik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)