6 Perbedaan Vokasi dan Akademik yang Perlu Dipahami Agar Tak Salah Pilih Kuliah

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:42 WIB
loading...
A A A
Dengan adanya perbedaan kurikulum yang diterapkan, secara tidak langsung prospek karier lulusan juga akan terpengaruh. Nantinya, lulusan Program Akademik memiliki potensi besar menjalani karier di bidang akademik, seperti menjadi akademisi dan peneliti.

Meskipun demikian, tidak tertutup kemungkinan jika lulusan Program Akademik juga bisa berkarier di lapangan menjadi praktisi. Namun, lulusan program tersebut akan banyak menjadi konseptor dibandingkan pelaksana di lapangan.

5. Peluang Studi Lanjut


Program Vokasi


Jangan berkecil hati jika kamu adalah mahasiswa Program Vokasi di Indonesia. Peluang untuk meneruskan studi setelah lulus program ini terbuka lebar. Setelah menyelesaikan studi pada Program D4, kamu bisa melanjutkan studi pendidikan di jenjang master atau jenjang magister.

Terdapat lembaga pendidikan di Indonesia yang membuka kesempatan lulusan D4 untuk meneruskan pendidikan pada jenjang tersebut. Meskipun demikian, belum banyak lembaga pendidikan yang membukanya.

Program Akademik

Peluang studi lanjut yang ditawarkan Program Akademik sangatlah besar. Setelah kamu menyelesaikan pendidikan Program Sarjana (S1), kamu dapat meneruskan studi Program Master atau Magister (S2).

Jika masih ingin mendalami ilmu secara spesifik, kesempatan untuk mengambil gelar doktor tersedia pada Program Doktoral (S3). Tapi, pada setiap jenjang memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi.

6. Gelar yang Didapatkan Setelah Lulus


Program Vokasi


Gelar yang diberikan pada lulusan Program Vokasi bervariasi berdasarkan program yang dipilih. Lulusan D1 akan mendapatkan gelar Ahli Pratama (A.P).

Lulusan D2 akan mendapatkan gelar Ahli Muda (A.Ma), lulusan DIII akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Untuk program D4, gelar yang didapatkan adalah S.ST (Sarjana Sains Terapan). Meskipun gelar yang diberikan adalah sarjana, tetapi program D4 berbeda dengan Program Studi S1.

Program Akademik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)