Ini Dia Penulisan Bahasa Indonesia yang Sering Salah dan Cara Memperbaikinya

Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:07 WIB
loading...
A A A
Belajar Menulis Deskripsi
Setelah memiliki perbendaharaan kosakata, ada baiknya jika kosakata yang sudah kamu catat tadi diterapkan langsung ke dalam tulisan. Caranya, kamu bisa mulai menulis deskripsi dari hal yang terjadi di sekitarmu. Kamu tentu sudah tahu kan apa itu deskripsi? Ya, betul sekali, deskripsi adalah teks yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek.

Menulis deskripsi bisa kamu manfaatkan untuk melatih kemampuan menulis secara lebih natural, informatif dan detail. Kamu menerapkannya pada berbagai jenis tulisan, feature misalnya. Saat menulis feature, kamu harus menggunakan seluruh panca indera untuk menangkap objek yang ingin kamu tulis.

Mulailah menulis objek yang paling mudah, seperti aktivitas keluarga di rumah. Misalnya kamu sedang melihat kakekmu sedang minum kopi di teras. Kamu bisa menulis deskripsi seperti ini “Seorang pria berusia lanjut sedang duduk di atas kursi kayu. Di depannya terdapat meja berbentuk bundar. Sesekali dia menggaruk kepalanya yang sudah ditutupi rambut putih itu, sembari menyeruput secangkir kopi panas yang sedari tadi bertengger di atas meja”.

Menulis deskripsi sangat baik untuk melatih kemampuan menulis. Apalagi, penulisan Bahasa Indonesia menjadi satu di antara topik yang sering muncul di setiap soal TPS UTBK SBMPTN. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi belajarmu. Selamat mencoba!
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)