Begini Cara Kurangi Kecemasan untuk Hadapi PTM dari Akademisi Undip

Senin, 31 Januari 2022 - 19:34 WIB
loading...
A A A
Selain itu, dukungan dan kesiapan orang tua juga terkait erat dengan peningkatan kualitas program pendidikan. “Kesiapan orang tua yang dimaksud adalah kesediaan orang tua baik untuk hal-hal yang bersifat materi maupun non materi serta untuk melakukan sesuatu dengan segala resiko yang dihadapi,” ungkap dr. Titis.

dr. Titis menyebutkan PTM di tengah masa pandemi pastinya akan menimbulkan kecemasan dan rasa stres bagi orang tua, sehingga diperlukan manajemen stres yang baik untuk mengatasinya. “Kita sebagai orang tua harus mempelajari bagaimana cara mengatur stres tersebut. Jadi manajemen stres diperlukan bagi orang tua untuk menghadapi rasa stres itu.” jelasnya.

Manajemen stres adalah di mana individu melakukan pengontrolan atau pengaturan stres. Tujuannya untuk mengenal penyebab stres dan mengetahui teknik-teknik mengelola stres, sehingga orang lebih baik dalam menguasai stres dalam kehidupan.

“Memang rasa cemas, dan khawatir pada saat kita dalam keadaan krisis itu merupakan hal yang normal, tetapi kita juga harus mengetahui apa yang kita hadapi itu sesuai apa tidak, atau kita terlalu berlebihan. Jadi kita harus mencari sumber-sumber informasi terpercaya untuk menghadapi hal-hal yang kita khawatirkan seperti mengenai PTM.” ucap dr. Titis.

Selain itu, orang tua perlu berpikir positif karena akan bermanfaat untuk meningkatkan endorphine. Lakukan affirmasi dengan mengucapkan pada diri sendiri semua pikiran positif sehingga pikiran dipenuhi oleh pengalaman yang menyenangkan dan dapat meningkatkan imunitas.

“Yang penting bagi kita sebagai orang tua dalam menghadapi PTM di masa pandemi ialah kita harus mengendalikan stres kita seperti berpikir positif, mengelola emosi, memodifikasi lingkungan, dan membangun spiritual positif.” pungkas dr. Titis.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3184 seconds (0.1#10.140)