Hal-hal Konkret yang Bisa Kita Lakukan untuk Menjaga Lingkungan

Kamis, 03 Februari 2022 - 17:22 WIB
loading...
A A A
4. Menanam Pohon Lebih Banyak
Tidak perlu jauh-jauh melakukan reboisasi hutan karena kita bisa mulai menanam di sekitar rumah terlebih dahulu. Rumah yang memiliki banyak tanaman pasti udara di sekitarnya bersih dan menyegarkan. Dengan menanam satu pohon setiap bulannya kita bisa turut menjaga kelestarian lingkungan. Apalagi dengan curah hujan tinggi di setiap tahun, resiko banjir juga makin tinggi. Keberadaan pohon di lingkungan tempat tinggal berfungsi sebagai resapan agar air tidak masuk ke dalam rumah.

5. Tidak Membakar Sampah
Kegiatan membakar sampah jadi kebiasaan masyarakat kita, hal itu perlu untuk dihentikan mulai sekarang. Sampah yang notabennya campuran dari berbagai limbah, saat nanti dibakar akan menyebabkan kabut tebal yang berefek pada bau tidak sedap. Asap yang muncul juga dapat mengganggu jarak padang dan ketidaknyamanan bagi orang-orang sekitar rumah.

6. Mendaur Ulang Produk
Saat duduk di bangku sekolah dulu, kita diajarkan dengan prinsip 3R yakni reduce, reuse, dan recycle. Pada intinya 3R adalah konsep mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Seperti misalnya plastik botol minuman yang dapat didaur ulang menjadi pot bunga atau hiasan rumah. Ada juga plastik bungkus kemasan makanan yang bisa didaur ulang menjadi wadah atau tas cantik.

7. Mencabut Kabel yang Tidak Terpakai
Seseorang kerap lupa tidak mencabut kabel setelah menggunakan peralatan elektronik. Jika hal demikian terus menerus dilakukan akan menyebabkan pemborosan listrik yang berujung tagihan tinggi. Selain itu, cadangan sumber daya seperti yang terbuat dari fosil lama kelamaan akan habis jika pemborosan listrik terus dilakukan. Mulai sekarang cabut kabel yang sudah tidak terpakai untuk turut menjaga sumber daya yang ada.

Terbukti bukan untuk menjadi penyelamat bumi bisa dimulai dari langkah-langkah kecil di atas. Tidak perlu muluk-muluk untuk merencanakan keikutsertaan kelompok berskala besar karena semua langkah bisa kita mulai dari diri sendiri. Jika kita sudah mampu melakukannya pasti menjadi contoh bagi orang-orang sekitar. Maka dari itu jadilah agen lingkungan dengan mulai menerapkan langkah-langkah konkret di atas.

Penulis Artikel:
Team Teknik Lingkungan Universitas Bakrie
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3799 seconds (0.1#10.140)