PPDB SMA/SMK di Jabar Resmi Dimulai, Siswa Miskin Terima Bantuan Rp2,7 Juta

Rabu, 18 Mei 2022 - 00:34 WIB
loading...
A A A
Kang Emil pun mengimbau masyarakat agar tidak selalu menjadikan sekolah negeri sebagai pilihan utama karena pemerintah memiliki keterbatasan. Terlebih, kata Kang Emil, banyak sekolah swasta berkualitas di Jabar.

"Bersekolah itu tidak harus selalu di negeri karena negeri ini mempunyai keterbatasan. Itulah mengapa masa depan bangsa harus didukung oleh masyarakat, salah satunya sekolah-sekolah dari swasta," katanya.

Kang Emil menambahkan, Pemprov Jabar juga akan kembali memberikan bantuan keuangan kepada siswa miskin yang bersekolah di sekolah swasta.

"Kami memberi dukungan dana kepada anak-anak Jabar yang sekolah di swasta. Tahun ini naik, totalnya menjadi Rp2,7 juta untuk mereka yang sekolah di swasta yang datang dari keluarga ekonomi tak mampu," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi menerangkan, kuota jalur PPDB untuk jenjang SMA terdiri dari jalur afirmasi 20 persen, perpindahan tugas 5 persen, prestasi 25 persen, dan zonasi 50 persen.

"Untuk tahap I, masyarakat bisa mulai mendaftar mulai tanggal 6-10 Juni dan khusus untuk kuota zonasi, pendaftaran dimulai pada tahap II tanggal 23-30 Juni," katanya.

Sementara kuota jalur PPDB SMK terdiri dari jalur afirmasi 20 persen, perpindahan tugas lima persen, prioritas terdekat 10 pesen, persiapan kelas industri 35 persen, prestasi nilai rapor umum 25 persen, dan prestasi kejuaraan lima persen.

"Pendaftaran tahap I PPDB SMK dimulai tanggal 6-10 Juni dan untuk kuota prestasi nilai rapor umum dimulai pada tahap II tanggal 23-30 Juni," katanya.

Dedi menerangkan bahwa proses PPDB 2022 tingkat SMA/SMK di Jabar sepenuhnya dilakukan secara daring. Pihaknya juga sudah menyiapkan pos pengaduan PPDB di satuan pendidikan sekolah, cabang dinas, dan di kantor dinas pendidikan secara luring.

"Proses PPDB itu full daring dan kita sudah menyediakan pos pengaduan dengan pola luring," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)