Deretan Kampus Para Presiden Indonesia, Nomor Tiga Tidak Sampai Tamat

Senin, 24 Oktober 2022 - 14:43 WIB
loading...
A A A
5. ITB dan RWTH Aachen University - BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan Presiden Indonesia yang dikenal dengan kecerdasannya. Dalam salah satu penemuannya di bidang penerbangan, dia mendapat julukan Mr.Crack.

Dalam riwayat pendidikannya, BJ Habibie pernah kuliah di ITB dan mengambil jurusan mesin pada 1954. Namun, tak berselang lama dia melanjutkan kuliahnya di RWTF Aachen, Jerman.

Setelahnya, Habibie meraih gelar Diploma Ingenieur pada 1960 serta Doktor Ingenieur pada tahun 1965.

6. KNIL - Soeharto

Dalam riwayat pendidikannya, Soeharto sering beberapa kali berpindah sekolah. Hal ini lantaran orang tuanya yang kerap berpindah tugas. Saat SD, dia pernah bersekolah di SD Puluhan, Godean, kemudian SD Pedes, Bantul, sebelum akhirnya pindah lagi ke Wonogiri.

Setelah menamatkan pendidikan di SMP Muhammadiyah di Yogyakarta, Soeharto mendaftar sebagai anggota tentara kerajaan Hindia Belanda yang bernama KNIL. Selain itu, Presiden Kedua Indonesia ini juga pernah mengikuti Sekolah Kader di Gombong dan SSKAD di Bandung pada 1959-1960.

7. ITB - Soekarno

Presiden Soekarno merupakan Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Pria kelahiran 6 Juni 1901 ini pernah mengenyam pendidikan di HBS selepas lulus dari ELS.

Setelah itu, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Technische Hoogeschool yang kini disebut Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan mengambil jurusan teknik sipil, Bung Karno tamat pada 1926 dan wisuda pada 3 Juli 1926.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)