Dukung Transisi Energi Bersih, Perguruan Tinggi Jadi Motor Penggerak Inovasi Kendaraan Listrik

Kamis, 12 September 2024 - 13:12 WIB


Randy dan mesin penggerak listrik yang dipamerkan pada acara HEPCON 2024. Foto/SINDOnews.

Keunggulan ini membuat motor lebih mudah diinstalasi dan lebih responsif saat digunakan, terutama di medan yang menanjak.

Motor listrik yang dikembangkan ini memiliki kecepatan hingga 3000 RPM dan mampu beroperasi selama 8 jam non-stop.

Selain itu, inovasi motor penggerak listrik buatan mahasiswa PENS telah dipatenkan, membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam memproduksi komponen motor listrik secara mandiri. "Ini bukti bahwa kita bisa memproduksi dan memanufaktur motor listrik di Indonesia, tanpa harus bergantung pada impor," tambah Randy.

Dengan tantangan minimnya ketersediaan mesin khusus di Indonesia, mahasiswa PENS tetap berhasil menciptakan inovasi-inovasi mutakhir. Proyek pengembangan motor listrik ini juga menjadi bukti bahwa mahasiswa dapat berkontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi, bahkan sebagai tugas akhir tanpa skripsi.

Randy, yang bercita-cita melanjutkan studi ke jenjang S2 di bidang Mekatronika, optimis dengan masa depan transportasi listrik di Indonesia.

Inovasi Mesin Pintar Kapal Listrik Ramah LingkunganPoltera

Ekosistem kendaraan listrik yang didukung oleh perguruan tinggi pun tidak hanya untuk kendaraan di darat, Politeknik Negeri Madura (Poltera) dalam hal ini juga menghadirkan inovasi mesin penggerak bertenaga listrik yang dipasang di buritan kapal kecil atau perahu.

Ditemui di acara yang sama, Dosen Poltera Bayu Praharsena mengatakan, mesin pintar kapal listrik inovasi kampusnya itu diberi nama eMOTION dan dirancang untuk memberi daya dorong pada perahu yang dapat dikendalikan sesuai kecepatan yang diinginkan berbasis pada teknologi canggih.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More