Jumlah PTN dan Program Studi yang Tersedia di SNPMB 2024

Minggu, 10 Desember 2023 - 14:47 WIB
loading...
A A A
Selain itu, skema pemilihan program studi di SNPMB 2024 khususnya untuk SNBT mengalami perubahan. Kini calon mahasiswa boleh memilih sampai 4 program studi dari tahun sebelumnya yang hanya boleh 2 program studi.

Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) ini menjelaskan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk memilih program studi vokasi yang selama ini masih lebih besar ke program studi akademik.

Menurutnya, jika peserta memilih tiga program studi maka bisa memilih dua program studi akademik dan satu vokasi dan begitu pula sebaliknya. Sementara jika empat prodi maka bisa memilih 2 prodi akademik dan dua vokasi yang salah satunya adalah prodi D3.

Baca juga: Ada Perubahan di SNBT SNBP 2024, Cek Info Pentingnya

Ganefri berharap, calon mahasiswa baru betul-betul mempertimbangkan pilihan program studi yang akan disasar karena urutan memilih program studi menentukan prioritas pilihan untuk diterima di PTN yang dituju.

Pilihan Program Studi di SNBP 2024


1. Siswa eligible diizinkan memilih program studi dari satu PTN atau 2 PTN
2. JIka memilih 2 program studi maka salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya
3. Jika hanya memilih satu program studi, boleh memilih PTN di provinsi manapun

Pilihan Program Studi di SNBT 2024


1. Calon mahasiswa bebas memilih program studi di PTN Akademik/Vokasi/PTKIN
2. Diperbolehkan memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 program studi akademik (sarjana) dan 2 program vokasi (D3/D4)
3. Urutan memilih program studi menyatakan prioritas pilihan.

Demikian informasi mengenai jumlah perguruan tinggi negeri dan program studi yang bergabung di SNPMB 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)