Alumni ITS Bangun Kapal Kesehatan Rakyat untuk Daerah Pelosok, Ini Penampakannya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:25 WIB
loading...
A A A
Di samping itu, alumnus Departemen Teknik Perkapalan ITS ini juga mengatakan bahwa kapal tersebut tersusun oleh material logam yang dilapisi High Density Polyethylene (HDPE). Material tersebut dapat didaur ulang dan mampu meminimalisir korosi. “Material HDPE cenderung lebih ramah lingkungan dan tidak memerlukan perawatan yang tinggi,” ujar Farras.

Selain dari segi material, lanjutnya, Kapal Kesehatan Rakyat juga ramah lingkungan dari segi penggunaan energi. Dengan konsep hybrid energy, kapal ini menggunakan dua energi berupa minyak bumi untuk penggerak mesin kapal serta panel surya untuk aktivitas kabin. Berjumlah 12 panel, energi listrik bertenaga surya mampu menunjang penerangan kapal, peralatan kesehatan, serta navigasi kru kapal.

Kapal dengan kapasitas mesin 300 horsepower (HP) ini menyediakan sejumlah fasilitas kesehatan. Mulai dari dua kamar pasien, meja dokter dan perawat, perlengkapan diagnosa, hingga peralatan untuk operasi ringan.

“Adanya kapal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas setempat dalam fasilitas pelayanan medis, obat obatan, dan tenaga ahli,” tutur Farras.

Ia berharap, Kapal Kesehatan Rakyat ini dapat menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menciptakan sebuah produk inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Di samping itu, ia juga berharap hal ini dapat lebih memotivasi mahasiswa ITS untuk terus berinovasi. “Semoga menginspirasi para insinyur muda untuk berinovasi,” pungkasnya penuh harap.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)