Bantu Keselamatan, ITS Teliti Simulasi Dinamika Kapal untuk Hindari Kecelakaan

Kamis, 08 April 2021 - 12:39 WIB
loading...
A A A


Dalam penelitian ini dikembangkan tiga program yakni pertama, Program Simulasi Gerakan Kapal (PSG) yang berfungsi untuk menyimulasikan gerakan kapal dalam 6 derajat kebebasan menggunakan pendekatan Green’s Function Method.

Dengan metode tersebut, program ini terbukti mampu mempercepat komputasi dan memperkecil kesalahan dibanding metode numerik lainnya dengan nilai RMSE (tingkat kesalahan hasil prediksi) sebesar 0,05 dan elapse time 28 kali lebih cepat.

Lebih jauh, program PSG ini dapat memperkirakan peluang kapal mengalami slamming (impact pada dasar kapal) dan deck wetness (air laut naik ke geladak), menghitung hambatan gelombang, dan operabilitas kapal.

“Program ini masih dalam bentuk kode dan dalam proses dikembangkan menjadi aplikasi yang mudah digunakan,” ungkap lulusan master dan doktoral dari Dalhousie University, Kanada ini.

Kedua, Program Simulasi Manuver Kapal (PSM) yang dikembangkan untuk menyimulasikan gerakan manuver kapal dalam rangka mengevaluasi kemampuan desain kapal dalam melakukan manuver sesuai dengan standar IMO.

“Program ini bertujuan menghasilkan lintasan manuver kapal dalam gerakan melingkar (turning) dan zig-zag akibat gaya-gaya yang bekerja seperti inertia,” paparnya.

Pendekatan program ini menggunakan Open Free Running Model Test yang merupakan pengujian model di kolam terbuka yang tenang. Model dilengkapi dengan motor, protyper, dan kemudi yang bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.

“Hal yang sulit adalah pengambilan data uji, karenanya dalam hal ini digunakan teknik GPS (Global Positioning System), image processing, dan colour object tracking yang dapat digunakan dengan hasil yang relatif sama,” terangnya lagi.

Program ketiga, yakni Program Sistem Identifikasi Manuver Kapal (PSIM) yang dikembangkan dengan metode Unscented Kalman Filter (UKF) dikombinasikan dengan Linear Regresi sederhana dalam bentuk model matematika dan algoritma dalam program Matlab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)